Wednesday, July 13, 2016

Benarkah Legenda Off Road Suzuki ini akan Hadir Kembali di Indonesia?

Banyak yang menerka-nerka kapan mobil legendaris Suzuki ini akan hadir di Indonesia. Mobil yang pernah populer di Indonesia pada era 90-an ini dikenal lewat beberapa serinya dan juga sebutanya, yaitu Jimny Jangkrik, Sierra, dan Katana. Selain melegenda Jimny juga mempunyai penggemar yang fanatik di Indonesia. Terbukti dengan banyaknya klub-klub mobil Jimny di Indonesia saat itu bahkan ada yang masih eksis hingga sekarang. Sejak tahun 1998 sebenarnya Jimny telah mendapat penyegaran yang dapat dikatakan modern. Namun, seri barunya tidak nampak dipasaran Indonesia hingga sekarang.
Suzuki Jimny


Sebelumnya sempat diberitakan bahwa Jimny akan diboyong bertepatan dengan IIMS (Indonesia International Motor Show) 2016, April lalu. Namun sayangnya, pada perhelatan akbar tersebut PT SIS (Suzuki Indomobil Sales) selaku pemegang merek resmi Suzuki di Indonesia tidak menampakan wajah Jimny yang sudah ditunggu-tunggu para penggemar otomotif di Indonesia. Bahkan, pada ajang tersebut Suzuki nyaris tanpa model baru. Namun, pada tahun ini Suzuki dipastikan akan mengeluarkan beberapa mobil barunya termasuk Jimny. Lantas kapan Jimny akan diperkenalkan?

Tenang selain IIMS masih ada ajang otomotif bergengsi di Indonesia yaitu Gaikindo Indonesia Internasional Motor Show (GIIAS) 2016. Kemungkinan besar bahwa Suzuki akan memboyong Jimny pada ajang ini. Menurut bocoran yang saya dapatkan, Suzuki  akan memboyong Jimny facelift ke Indonesia melalui ajang GIIAS 2016 Agustus mendatang. Bukan hanya diperkenalkan, edisi terbaru dari Jimny sang ikon mini off-road yang melegenda ini kabarnya juga akan langsung ditawarkan ke konsumen. Kisaran harga yang dipatok untuk Sport Utility Vehicle (SUV) ini sekitar Rp 250 jutaan.
Suzuki Jimny

Suzuki Jimny ke Indonesia  sebagai produk CBU (Complete Build Up) yang didatangkan langsung dari Jepang. Meski belum jelas spek dari Jimny yang akan diperkenalkan di Indonesia. Namun seperti yang telah diketahui Suzuki Jimny saat ini memiliki beberapa varian mesin antara lain 1.0 L Boosterjet Turbo, 1.2 L Dualjet, dan terakhir 1.3 L G13B.  Model penggeraknya, Suzuki Jimny tentunya menggunakan sistem penggerak 4×4. Body  Jimny terbaru masih mempertahankan gaya mobil Jip klasik. Namun dengan lekuk dan sudut-sudut yang lebih halus tentunya. Body Jimny yang tidak terlalu panjang memungkinkan Jimny melibas medan off road dengan mudah dibandingkan dengan mobil dengan body panjang. Jimny sendiri memiliki tiga pintu, yaitu dua di samping dan satu di belakang. Jimny mapu mengangkut 5 orang penumpang, namun idealnya hanya 4 penumpang dewasa.

Nah, semua ini memang masih rumor belaka. Jadi, sebaiknya kita nantikan bersama-sama kelahiran mini SUV legendaris Suzuki ini