Friday, December 23, 2016

Mobil Murah Asal Eropa Siap Mengaspal di Indonesia

Crossover murah buatan Renault kabarnya siap tempur meramaikan pasar mobil di Indonesia. Reanult sendiri merupakan pabrikan mobil asal Perancis. Renault sendiri akan meluncurkan crossovernya yaitu Kwid, yang merupakan mobil yang diproduksi di India. Kwid saat ini telah terdaftar dalam uji tipe Kementerian Perindustrian.

Pihak Auto Euro Indonesia (AEI) sebagai pemegang merek Renault di Indonesia sebelumnya sudah beberapa kali menyebutkan bahwa crossover ini akan segera mengaspal di dalam negeri. Rencana awal, pengenalan pertama Kwid dilakukan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 pada bulan Agustus lalu, namun karena beberapa hal teknis akhirnya Kwid tidak jadi ditampilkan pada ajang GIIAS.

Tipe yang bakalan hadir dan  mengaspal di Indonesia kemungkinan besar tipe RxT 1.0 SCE (4X2) M/T, karena dikabarkan tipe inilah yang terdaftar dalam pengujian. Tipe berkode RxT merupakan tipe tertinggi dari Renault Kwid yang ada di India. Pilihan mesin untuk Kwid Indonesia bensin 1.0L, yang mampu menghasilkan tenaga 68 PS dan torsi 91 Nm dengan  transmisi manual 5-percepatan.

Bagaimana dengan harganya nanti? Diperkirakan Kwid akan dilepas dengan harga 120 jutaan harga paling murah untuk mobil asal Eropa. Meski harganya cukup murah Renault nampaknya tidak ingin Kwid dikatakan sebagai mobil murahan. Jika dilihat dari tampilan Kwid sudah jauh terlihat seperti mobil murahan. Pada bagian interior sendiri, disematkan head unit dengan layar 7 inchi, bluetooth, telepon, AUX- IN, hingga fitur navigasi dengan tampilan 3 dimensi.

Kesan murah juga ditepis lewat digital instrument cluster yang biasanya terdapat pada mobil modern. Fitur ini sudah termasuk indikator perpindahan transmisi, jarak tempuh, hingga informasi sisa bahan bakar, fitur-fiturnya sudah cukup lengkap untuk mobil dengan harga 120 jutaan.