Tuesday, December 20, 2016

MPV Laris dari Suzuki ini Akan Hadir Dengan Mesin Diesel

Bagaimana ya jadinya jika Suzuki Ertiga ditambah mesin diesel? Hal ini sekarang bukan menjadi mimpi saja. Karena PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku pemegang merek resmi Suzuki di Indonesia mengkorfirmasi Ertiga Diesel akan segera hadir di tanah air. Bahkan rumor beredar, jika Ertiga Diesel akan mengaspal di Indonesia awal tahun 2017 nanti. Selain diesel ternyata Ertiga juga dilengkapi dengan teknologi Hybrid, hal ini tentu juga menjadi nilai tambah tersendiri.
ertiga diesel

Suzuki Ertiga mendapat jatah mesin diesel generasi terbaru DDiS 200. Mesin ini juga telah mendapat sentuhan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Teknologi ini tergolong teknologi semi hybrid yang tergolong baru dikelasnya. Kapasitas mesin Ertiga Diesel sebesar 1248 cc, jika dilihat dari angka-angkanya mirip dengan mesin Chevrolet Spin Diesel. Di atas kertas mesin baru Ertiga lebih irit 44% dari mesin bensin. Ini berkat teknologi yang melekat padanya mengoptimalkan pemakaian bahan bakar diantaranya Integrated Strater Generator (ISG), baterai/aki dengan spek yang lebih tinggi dan lain-lain

Perubahan-perubahan pada Ertiga ini tentu saja mempunyai dampak terutama pada bobot kendaraan yang menjadi bertambah. Selain dari mesin dan bobot yang bertambah, spesifikasi mobil MPV ini diperkirakan masih sama persis. Sedangkan dari harga, tentu saja mengalami perubahan. Menurut PT SIS harga Ertiga Diesel diperkirakan akan mengalami kenaikan sebesar 20% hingga 30% dari harga Ertiga standar namun belum ada angka pasti mengenai harga.

Ertiga Diesel hanya akan ada pada tipe New Ertiga GL dan GX, sedangkan untuk teransmisi hanya tersedia tipe manual 5 percepatan.