Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menjaga dan Merawat Jok Mobil Agar Tidak Cepat Kotor

Mobil adalah salah satu alat transportasi yang sering digunakan oleh masyarakat. Memiliki mobil juga merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Hal tersebut tidak lepas dari penilaian yang beredar di masyarakat bahwa seseorang yang memiliki kendaraan pribadi berupa mobil merupakan orang yang cukup mampu. Tentu saja hal tersebut tidaklah sepenuhnya salah, karena untuk memiliki sebuah mobil, orang harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit. Belum lagi dengan surat-surat kendaraannya serta pajak tahunannnya. Walau pada jaman sekarang ini, sudah banyak pabrikan-pabrikan mobil yang mengeluarkan mobil dengan harga ekonomis, tapi tetap saja harga mobil jauh dibandingkan dengan harga kendaraan pribadi pilihan masyarakat yang satu lagi, motor.
Tips Menjaga dan Merawat Jok Mobil Agar Tidak Cepat Kotor

Sebagai sebuah kebanggaan bagi pemiliknya, tentu mobil yang terawat akan semakin menunjukkan kepribadian dari pemilik mobilnya itu sendiri. Apabila tidak terawat, tentu orang akan berasumsi bahwa pemilik mobil tersebut adalah orang yang pemalas ataupun tidak mengerti mobilnya sendiri. Terutama yang harus diperhatikan adalah keterawatan dan kebersihan dari interior mobil itu sendiri. Apabila interior mobil terawat, tentu juga akan membuat pengalaman anda berkendara dengan mobil kesayangan anda akan lebih nyaman. Dari semua bagian interior, ada satu bagian yang harus diperhatikan dengan cermat, yaitu kebersihan dari jok mobil anda. Sebenarnya cara merawat dan membersihkan jok mobil tidaklah susah namun tidak juga dapat dikatakan gampang.

Biasanya dalam merawat jok mobil anda, akan sedikit sulit apabila anda sudah memiliki anak kecil. Karena biasanya noda-noda yang ada di jok mobil adalah noda tumpahan dari makanan atau minuman, dan tanpa bermaksud mengecilkan, biasanya minuman tumpah atau makanan tumpah terjadi karena ada anak kecil. Atau juga apabila anda seorang perokok, noda dari debu rokok yang tidak sengaja terbang ke jok mobil anda dan membekas disana, atau mungkin malah tanpa sengaja jok mobil anda terkena sundutan dari rokok anda sendiri. Dan untuk membersihkan noda-noda tersebut, di pasaran sebenarnya sudah ada produk untuk membersihkan jok mobil dari noda-noda yang menempel secara efektif. Namun tentu saja aka nada noda yang sulit untuk dibersihkan. Dan berikut ini sedikit tips bagaimana cara membersihkan jok mobil anda berdasarkan bahan jok mobil anda.

Jok berbahan kulit.

Produk di pasaran memang banyak yang dapat membersihkan noda di jok mobil anda dengan mudah. Tapi untuk jok dengan bahan dasar kulit anda harus ekstra hati-hati dan memerlukan alat khusus untuk membersihkannya. Yang pertama adalah anda harus menggunakan pembersih dan kondisioner khusus untuk bahan kulit. Dan hal yang perlu anda ketahui sebelumnya adalah bahan kulit bereaksi terhadap panas, sehingga apabila anda membersihkannya ada baiknya dilakukan dilingkungan yang hangat. Hal ini perlu diketahui apabila anda tinggal di lingkungan dingin atau pegunungan, karena anda perlu menyalakan penghangat di mobil anda atau membuat sedemikian rupa agar kondisi di sekitar anda menjadi hangat.

Lalu untuk masalah membersihkan noda, anda memerlukan kondisioner khusus kulit. Oleskan kondisioner tersebut pada jok yang terkena noda lalu gosok berlahan. Biarkan sebentar, lalu lap dengan kain bersih. Lalu anda harus memperhatikan lap yang digunakan untuk membersihkan jok anda. Gunakanlah lap dengan bahan lembut sebagai lap khusus untuk membersihkan jok. Lalu setelah jok anda bersih, pastikan juga keringnya maksimal sebelum anda memakai kondisioner lagi sebagai lapisan pelindung jok kulit anda. Kondisioner disini berfungsi agar jok berbahan kulit anda menjadi terasa mulus dan juga mengkilap. Ada baiknya anda menggunakan kondisioner khusus jok kulit dengan pH yang normal.

Jok berbahan tenun

Dengan banyaknya produk khusus membersihkan jok di pasaran juga, ternyata anda dapat membuat sendiri cairan pembersih jok anda, terutama untuk jok dengan bahan dasar tenun. Selain hemat, anda tidak perlu repot-repot mencari keluar rumah karena cairan pembersih ini dapat dibuat dengan bahan yang biasa ditemukan di rumah anda.

1. Pertama, campurkan air dengan cairan pencuci piring ke dalam bak kecil atau ember.
2. Lalu aduk merata dan masukkan ke dalam botol penyemprot, seperti bekas penyemprot baju misalnya.
3. Semprotkan cairan tersebut pada jok, namun berikan jarak sekitar 15-20cm dari jok.
4. Kemudian gosok dengan lembut menggunakan sikat berbulu lembut dan bilas di bagian yang terkena noda dengan lap bersih juga air hangat.
5. Lakukan hal ini berulang kali ke bagian jok anda yang terkena noda-noda membandel. Fokus satu persatu dalam membersihkan nodanya. Lalu bersihkan dengan kain berserat mikro untuk mengeringkannya.

Dalam membersihkan jok berbahan tenun, anda juga  memerlukan pembersih bulu. Alat ini berfungsi untuk menangkap benda-benda kecil seperti bulu halus, rambut, sisa makanan. Alat yang berbentuk roll dengan kertas lengket disekitarnya ini bisa anda temukan di pet shop sekitar daerah anda atau toko serba ada.

Jok berbahan vinil

Jok dengan bahan dasar vinil adalah jenis jok yang paling mudah dibersihkan karena anda hanya membutuhkan pembersih kaca saja dan kain lembut. Anda hanya perlu menyemprotkan pembersih kaca ke bagian jok yang terkena noda kemudian lap dengan kain. Atau anda dapat membuatnya sendiri dengan menggunakan baking soda dan air. Caranya mudah :

1. Campurkan soda dan air hingga menyerupai pasta.
2. Gunakan pasta tersebut ke bagian yang terkena noda satu persatu. Gosok secara halus.
3. Bilaslah dengan air sabun.
4. Lap jok hingga kering dengan menggunakan kain atau anda dapat menggunakan sikat gigi di tempat yang tidak terjangkau kain.

Simpel dan mudah bukan? Dalam membersihkan jok berbahan dasar vinil yang paling penting adalah jangan membersihkannya dengan pembersih komersial yang berbahan dasar minyak. Hal tersebut akan merusak jok anda.

Sebenarnya dalam menjaga dan merawat jok anda agar awet dengan mudah adalah dengan menggunakan sarung jok. Hal ini diperlukan bagi anda yang ingin menjaga agar kondisi interior mobil anda tetap mirip ketika baru. Ada dua jenis sarung jok yang dapat dibeli di pasaran, yang pertama adalah sarung jok non permanen. Seperti namanya, sarung jok ini dapat dilepas pasang sesuai selera anda. Untuk menempelkannya ke jok mobil anda, anda hanya perlu mengaitkannya pada badan jok dengan menggunakan tali karet atau kancing atau juga risleting pada bagian bawah jok mobil. Namun, resiko kerusakan yang terjadi akibat menggunakan sarung jok non permanen ternyata lebih besar dibandingkan sarung jok yang paten. Sementara itu, sarung jok paten dipasang dengan cara melepas sarung jok asli bawaan mobil anda dan diganti dengan sarung jok berbahan pilihan anda. Proses pemasangannya pun standard pabrik. Sarung jok ini relatif lebih nyaman dalam pemakaian dan tentu saja relatif lebih mahal dibandingkan sarung jok non permanen.

Post a Comment for "Tips Menjaga dan Merawat Jok Mobil Agar Tidak Cepat Kotor"