https://lokergurubali.blogspot.com/ Review Beda New Avanza dan Grand New Xenia - mobil keren.com

Review Beda New Avanza dan Grand New Xenia

Mobil berkategori low MPV saat ini sedang digemari, terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga. Kelebihannya antara lain dapat menampung penumpang dalam jumlah banyak. Toyota New Avanza dan Daihatsu Grand New Xenia merupakan dua tipe mobil low MPV yang kehadirannya cukup sering terlihat di jalan raya. Banyak orang susah membedakan kedua mobil tersebut. Review New Avanza dan Grand New Xenia dapat menjadi referensi bagi siapapun yang ingin tahu perbedaan keduanya.
Review Beda New Avanza dan Grand New Xenia

Spesifikasi mesin

Mesin menjadi perbedaan utama dari kedua mobil ini. Toyota New Avanza menghadirkan 2 pilihan mesin, yaitu 1NR-VE 1,3 liter 4 silinder torsi 120 Nm dan bertenaga 96 hp serta 1,5 liter 2NR-VE 4 silinder torsi 140 Nm dan bertenaga 104 hp. Kedua mesin tersebut menggunakan teknologi yang sama, yaitu Dual VVT-i. Mesin yang digunakan oleh Daihatsu Grand New Xenia masih menggunakan mesin berkapasitas EJ-VE 1,0 liter 3 siliner torsi 93 Nm dan bertenaga 63 hp serta 1NR-VE 1,3 liter 4 silinder torsi 120 Nm dan bertenaga 96 hp. Daihatsu Grand New Xenia dengan mesin berkapasitas 1 liter menggunakan teknologi single VVT-i, sedangkan mesin berkapasitas 1,3 liter menggunakan teknologi dual VVT-i.

Desain

Desain menjadi salah satu aspek dalam review New Avanza dan Grand New Xenia. Desain yang akan diurai pertama adalah mengenai penampilan bodi mobil. Bentuk kedua mobil tersebut berbeda. Daihatsu Grand New Xenia memiliki detail di bumper depan khususnya tipe M Deluxe dan tipe X Deluxe sehingga tampilannya terlihat lebih tegas dibandingkan Toyota New Avanza. Namun, detail tegas berwarna hitam bisa ditemukan di Toyota New Avanza tipe R Sporty.

Toyota New Avanza terdapat DRL (Daytime Running Lamps) di dekat lampu kabut untuk semua tipe yang dikeluarkan. Sedangkan DRL di Daihatsu Grand New Xenia hanya tersedia khusus tipe R Sporty.

Desain eksterior adalah hal yang perlu diperhatikan. Daihatsu Grand New Xenia di tipe M dan X akan ditemui bodykit lengkap seperti bumpe depan-belakang, grille chrome, chrome window, garnish chrome plate, side skirt, spoiler, dan reflektor horizontal. Bodykit yang terlihat di Toyota New Avanza tipe R Sporty antara lain cross over detail seperti fender ornament dengan handle chrome.

Velg yang digunakan kedua mobil berbeda. Daihatsu Grand New Xenia menyediakan 3 tampilan: steel wheen dengan 2 jenis drop untuk tipe 1,0 D, tipe 1,0 M, tipe 1,0 M Deluxe, 1,3 tipe X, dan 1,3 tipe R; alloy wheel 8-spoke 14 inch untuk tipe 1,0 X Deluxe; alloy wheel 8-spoke 2 tone 14 inch dengan desain pisau blender untuk tipe 1,0 R Sporty. Ukuran velg yang tersedia antara lain 165/80 R13 untuk tipe terendah dan 185/70 R14 untuk tipe tertinggi. Toyota New Avanza menghadirkan 2 tampilan velg: alloy wheel 8-spoke 14 inch desain ‘kelopak bunga untuk tipe 1,3 E dan tipe1,3 G; alloy wheel 8-spoke 14 inch desain ‘pisau blender’ untuk tipe 1,5 G. Ukuran velg yang tersedia 185/70 R14 untuk 1,3 liter dan 185/65 R15 untuk 1,5 liter.

Desain selanjutnya adalah tempat duduk. Toyota New Avanza menghadirkan sabuk pengaman dan sandaran kepala untuk penumpang yang duduk di tengah pada baris kedua. Tentunya kedua komponen tersebut dapat memberikan kenyamanan dan menjamin keselamatan penumpang. Sayangnya, hal tersebut masih tidak tersedia di Daihatsu Grand New Xenia.

Fitur unggulan

Keamanan dan keselamatan penumpang sebaiknya menjadi perhatian utama bagi setiap produsen mobil. Dalam hal ini adalah rem. Toyota New Avanza dilengkapi dengan fitur berupa ABS (Anti-lock Brake System). ABS merupakan perlindungan optimal untuk mengontrol kendaraan saat pengereman mendadak sehingga pengemudi masih bisa mengontrol kendaraannya. Fitur rem ABS ini masih belum ditemui di Daihatsu Grand New Xenia.

Fitur unggulan lainnya yang masuk dalam review New Avanza dan Grand New Xenia adalah sensor parkir. Toyota New Avanza menghadirkan sensor parkir belakang di bagian bumper belakang. Adanya sensor ini memudahkan pengemudi untuk memundurkan mobil untuk parkir tanpa perlu khawatir akan menabrak obyek yang ada di belakangnya. Daihatsu Grand New Xenia hanya menyediakan sensor parkir belakang di tipe M, tipe X, dan tipe R.

Namun, jangan mengira Daihatsu Grand New Xenia tidak menyediakan fitur keselamatan. Daihatsu Grand New Xenia menyediakan corner sensor yang diletakkan di sisi depan. Sama seperti sensor parkir belakang, corner sensor berfungsi memudahkan ketika pengemudi memarkirkan mobilnya. Fitur corner sensor ini hanya dapat ditemui di Daihatsu Grand New Xenia tipe R Sporty. Sedangkan Toyota New Avanza masih belum menyediakan fitur ini.

Harga

Berdasarkan perbedaan spesifikasi yang dijelaskan di atas, harga yang ditawarkan akan berbeda. Per tanggal 1 Januari 2019 untuk wilayah OTR DKI Jakarta, harga Toyota New Avanza dijual dalam rentang harga Rp191,1 juta sampai Rp221,25 juta. Daihatsu Grand New Xenia ditawarkan dengan harga yang berbeda, yaitu mulai dari Rp183,35 juta sampai Rp217 juta.

Terdapat perbedaan yang mencolok antara Toyota New Avanza dan Daihatsu Grand New Xenia. Perbedaan tersebut dapat dicermati berdasarkan review New Avanza dan Grand New Xenia. Sebelum memilih mobil, jangan lupa untuk menyesuaikan kebutuhan dan budget yang tersedia.

0 Response to "Review Beda New Avanza dan Grand New Xenia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel