https://lokergurubali.blogspot.com/ Sejarah Mobil Toyota Yaris - mobil keren.com

Sejarah Mobil Toyota Yaris

Sudah tidak diragukan lagi jika Toyota adalah produsen mobil favorit di Indonesia bahkan dunia. Produk-produknya selalu masuk dalam jajaran produk terlaris bahkan sejak dulu. Salah satu yang menjadi produk unggulan cukup tua adalah Toyota Yaris. Ya, Anda mungkin tidak asing dengan mobil satu ini. Namun siapa sangka jika Toyota Yaris sudah memasuki usianya yang ke 20 tahun. Perjalanan panjang disertai inovasi terus dilakukan pada produk ini. Jika Anda belum tahu, berikut adalah perjalanan sejarah  mobil Toyota Yaris mulai dari generasi pertama hingga generasi terkininya.
Sejarah Mobil Toyota Yaris

Perjalanan dan Sejarah Mobil Toyota Yaris 

Toyota Yaris merupakan sebuah kendaraan berjenis Hatchback berukuran kecil produksi Toyota. Awal penciptaan mobil ini adalah sebagai pengganti hatchback sebelumnya, Toyota Starlet. Pada awal peluncurannya, mobil ini hanya dipasarkan di kawasan Eropa saja. Fakta menarik dari mobil ini adalah penggunaan nama Yaris yang merupakan adaptasi dari nama seorang dewi yang ada di Mitologi Yunani bernama Charis. Selama 20 tahun itu, Toyota Yaris terus mengalami perubahan dan inovasi hingga membuatnya menjadi salah satu mobil paling populer dan disukai di dunia. Lalu bagaimanakah perjalanan sejarah mobil Toyota Yaris mulai dari awal peluncurannya hingga sekarang?

1. Generasi I Toyota Yaris (1999-2005)

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, sejarah mobil Toyota Yaris dimulai di Eropa pada tahun 1999. Kemunculannya diawali dengan diperkenalkannya mobil konsep yang waktu itu diberi nama Toyota Funtime Concept. Mobil ini mulai hadir dalam Frankfurt Motor Show 1997 serta Tokyo Motor Show 1997.

Untuk generasi pertama ini, Yaris dirakit di Perancis, China dan Jepang. Penjualannya pun masih dibatasi di kawasan Eropa saja. Yaris generasi pertama ini hadir dengan Platform P paling baru, yaitu XP10. Pada saat itu, mobil ini hadir dalam bentuk mobil hatchback 3 yang menggunakan 5 pintu.

Selain itu, karena dirakit pertama kali di Eropa maka emisi dan standar keamanan yang diterapkan pun menggunakan standard yang diterapkan pada mobil-mobil keluaran Eropa. Baru diluncurkan saja, mobil ini sudah menyabet penghargaan European Car of The Year di tahun 2000. Tidak berhenti sampai disitu saja, di kawasan benua Amerika Toyota Yaris Generasi I ini bahkan sudah mendapatkan pengakuan sebagai standard model untuk kendaraan compact two box.

2. Generasi II Toyota Yaris (2006-2013) 

Perjalanan sejarah mobil Toyota Yaris berlanjut pada tahun 2006, dimana waktu itu untuk pertama kalinya mobil ini mulai dipasarkan secara luas ke seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Perakitannya pun tidak lagi di Eropa melainkan sudah di Jepang. Untuk peluncuran di Indonesia, Toyota Yaris meluncurkan beberapa seri dengan masing-masing keunggulan.

Ada seri E yang menggunakan double transmision, yaitu matic dan manual. Ada juga tipe S serta S Limited dengan transmisi yang digunakan sepenuhnya otomatis yang juga dilengkapi dengan start-stop push button. Untuk seri S Limited ini bahkan sudah ditanamkan body kit serta fog lamp. Untuk mesin yang digunakan, semua tipe sudah menggunakan mesin bertipe 1500cc 1NZ-FE dengan teknologi VVTi.

Kemudian pada tahun 2009 diluncurkanlah versi facelift pertama yang sudah dilengkapi dengan bumper depan, lampu belakang tanpa LED serta gril. Ada lagi tambahan tipe yang merupakan model dasar dari tipe J namun tidak dilengkapi dengan SRS airbag yang dipasarkan dengan harga lebih rendah dibandingkan tipe E. Inovasi terus bermunculan dengan kehadiran model TRD Sportivo yang menggunakan basis model J. Model ini kemudian ditambahkan dengan suspensi sport dan body kit yang membuatnya tampak lebih sporty. Untuk sistem transmisi yang digunakan pun hanya transmisi manual.

3. Generasi Toyota Yaris III (2011-Sekarang)

Perjalanan Toyota Yaris dalam melakukan inovasi pada produk keluarannya terus mengalami evolusi yang pesat. Terakhir adalah diluncurkannya Toyota Yaris yang bahkan sudah diperkenalkan di Jepang sejak tahun 2010 lalu. Yang lebih menarik adalah pada generasi ini Toyota Yaris dipecah dua cabang yaitu model yang hanya dijual di Amerika dan Eropa dan model yang dijual di pasar Asia termasuk Indonesia.

Perbedaan pada kedua produk ini adalah pada platform yang digunakan. Untuk Toyota Yaris yang dijual di kawasan Amerika dan Eropa menggunakan Platform XP130. Sedangkan yang dipasarkan di Asia menggunakan platform XP150. Pengenalannya pun lebih dulu model yang dijual di Eropa dan Amerika. Untuk model yang berplatform XP150 baru dipasarkan pada tahun 2013  dengan tampilan yang lebih gagah dibandingkan XP130 karena adanya moncong lebih panjangnya.

Generasi Ketiga Toyota Yaris ini terus diperbarui pada 3 November 2016. Hasil pembaruan inilah yang melahirkan Toyota Yaris Terbaru 2016 bernama Yaris Heykers. Model ini sudah menggunakan mesin berkapasitas 1500cc 2NR-FE yang dilengkapi pula dengan dual VVTi. Jenis mesin ini juga sudah digunakan oleh pendahulunya seperti Toyota Avanza dan Toyota Sienta.

Tak bisa dipungkiri, perkembangan kendaraan saat ini memang begitu pesat, baik dari desain eksterior dan interior, mesin yang digunakan, performa hingga fitur-fitur yang ditanamkan di dalamnya. Namun, untuk bisa mencapai pada tahap ini tentu ada perjalanan panjang dan inovasi yang berperan penting di dalamnya. Anda bisa melihat salah satu contohnya pada variasi paling populer dari produsen kendaraan kenamaan asal Jepang Toyota. Toyota Yaris sebagai model paling populer dan favorit di dunia juga mengalami perjalanan inovasi panjang sebelum bisa mencapai pada produk yang seperti saat ini. Perjalanan sejarah mobil Toyota Yaris di atas adalah rangkuman perjalanan inovasi yang dilakukan Toyota pada produk Toyota Yaris miliknya.

0 Response to "Sejarah Mobil Toyota Yaris"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel