Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Wiper Kaca Mobil Agar Awet

Kaca mobil yang terkena kotoran atau air hujan biasanya akan dibersihkan menggunakan wiper. Biasanya wiper dipasang di sisi depan dan belakang.Dengan adanya wiper, pandangan pengemudi tidak akan terhalang sehingga dapat melihat dengan jelas ke arah depan atau belakang. Wiper mobil terdiri dari berbagai komponen seperti wiper blade, link, switch, motor, dan arm. 

Cara Merawat Wiper Kaca Mobil Agar Awet

Wiper memang memiliki peran yang sangat penting dalam keselamatan pengendara karena performa wiper erat kaitannya dengan keselamatan berkendara. Jika hujan deras dan mobil tidak menggunakan wiper, kaca depan akan berembun . Embun yang terlihat pada kaca akan menghalangi pandangan pengemudi.

Ketika pandangan pengemudi terhalang, risiko kecelakaan sangat tinggi. Hal ini menjadikan wiper sebagai perangkat tambahan mobil yang sangat penting dan wajib ada pada semua jenis kendaraan.

Wiper kaca depan adalah kebutuhan vital yang membantu Anda tetap aman di jalan, itulah mengapa menjaganya agar tetap terawat dengan baik sangat penting. Berikut adalah beberapa tip perawatan wiper kaca depan terbaik kami untuk membantu memastikan wiper Anda selalu siap digunakan.

Periksa Wiper

Pertama, pastikan lengan (arm) wiper sekencang mungkin. Ini akan memastikan bahwa bilah tidak longgar dan permukaan kaca depan dapat dibersihkan dengan mudah.

Sesuaikan Bilah Wiper

Jika Anda telah mengencangkan lengan wiper mobil Anda tetapi masih memiliki kaca depan yang kotor, Anda mungkin perlu menyetel bilah wiper, memastikan mereka bersentuhan penuh dengan kaca depan. Ini akan memungkinkan mereka untuk membersihkan area permukaan sebanyak mungkin ketika mereka sedang beroperasi.

Bersihkan Wiper Secara Rutin

Gunakan cairan pembersih kaca depan dan air untuk menyeka wiper blade, menghilangkan kotoran apa pun. Kemudian bersihkan blade dengan alkohol isopropil, yang akan menghilangkan residu yang tertinggal dari produk pembersih, mencegah noda pada kaca depan Anda. Ketahuilah, semakin lama Anda membiarkannya sebelum membersihkan wiper blade, semakin tinggi penumpukan kotoran dan pasir, dan semakin sulit untuk membersihkannya.

Jangan Jalankan Wiper di Kaca Depan yang Kering

Wiper kaca depan dirancang untuk digunakan saat kaca depan basah. Mengoperasikannya di permukaan yang kering dapat menyebabkan wiper lebih cepat aus daripada biasanya, yang hanya masalah bertambah. Saat Anda perlu membersihkan kaca depan yang kering, seperti saat ada penumpukan serbuk sari di kaca, tekan tombol washer terlebih dahulu. Ini akan mengharuskan Anda untuk menjaga mobil Anda diisi ulang cairan washer kaca depan, yang merupakan hal lain yang perlu diingat sebagai bagian dari perawatan rutin wiper Anda.

Ganti Blade Setidaknya Dua Kali Setahun

Jika memungkinkan ganti  Wiper Blade setiap enam bulan sekali. Wiper blade hanya dirancang untuk bertahan sekitar enam bulan. Setelah itu, Anda akan mulai melihat penurunan visibilitas mengemudi Anda. Untuk membantu mengatasi masalah ini, belilah pengganti setiap enam bulan dan gantilah tepat waktu. Anda juga harus memperhatikan blade jika mulai muncul tanda-tanda keausan dini, seperti adanya  retakan atau robekan yang terlihat, serta bunyi mencicit di kaca. 

Tak hanya soal wiper, ada juga washer yang membantu kinerja wiper. Washer akan menyemprotkan atau mengeluarkan cairan pembersih pada kaca depan sehingga berbagai kotoran pada kaca depan lebih mudah untuk dihilangkan. Washer dapat dipasang di bagian depan mobil atau bagian belakang.

Tidak semua kotoran yang menempel di mobil bisa dihilangkan dengan wiper, sehingga kaca depan perlu disemprot dengan cairan pembersih khusus yang dilakukan secara otomatis oleh washer. Dengan berbagai fungsi yang cukup signifikan, tentunya washer sangat dibutuhkan di dalam sebuah mobil.

Demikianlah beberapa tips agar Wiper mobil anda bisa terjaga awet. 

Post a Comment for "Cara Merawat Wiper Kaca Mobil Agar Awet "