Sunday, May 21, 2017

Berkat Mobil ini Pengguna Kursi Roda Dapat Mengendarai Mobil

Kemajuan teknologi kian pesat, hampir semua lini kehidupan manusia terbantukan oleh teknologi yang kian modern. Termasuk penyandang disabilitas yang kini semakin diperhatikan kebuthannya. Bagi pengguna kursi roda adalaha hal yang mustahil berpergiang mengendarai mobil sendirian. Namun, mimpi itu kini mungkin akan terwujud. Sebenarnya mimpi ini mungkin sudah terwujud beberapa tahun lalu
Sumber foto:pinterest

Sebuah mobil yang didesain khusus oleh perusahaan asal Hungaria yang bernama Kenguru EV menjadi jawaban atas mimpi pengguna kursi roda dalam mengendarai sebuah mobil secara mandiri. Mobil ini merupakan mobil listrik dengan satu penumpang yaitu pengendaranya sendiri. Didesain dengan satu pintu tanpa jok, sebab tempat duduk sudah dibawa sendiri oleh pengendaranya. Mobil ini dapat dikatakan cover bagi kursi roda, sebab ukurannya didesain agar pengendara dengan kursi roda bisa masuk dengan mudah melalui pintu tunggal yang terletak pada bagian belakang mobil.

Kemudi dibuat seperti kemudi sepeda motor dengan beberapa tombol. Tentu ini sengaja dibuat mengingat pengendara tidak dapat menggunakan kaki secara normal.

Saat ini produksi Kenguru EV berbasis di  Berbasis di Pflugerville, Texas Community Cars, Amerika Serikat. Kenguru masih diproduksi secara manual dan sekarang kekurangan dana untuk memproduksi dan menjualnya. Ini merupakan sebuah sinyal untuk mencari investor.

Namun hal tersebut ini tidak menghentikan pembuatnya untuk berinovasi, di mana akan diproduksi model terbaru berbasis joy stick, dan akan segera dihadirkan ke pasar. Harga mobil mini ini dibanderol 25.000 dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp 333 jutaan.

Kenguru berpenggerak roda belakang, dengan kecepatan tertinggi hanya 45 km/jam. Jarak yang sanggup ditempuh untuk satu kali pengisian baterai penuh berkisar 70-110 kilometer.