Friday, September 29, 2017

Ini Dia Esemka Digdaya Wujud Nyata Double Cabin Esemka

Viral di media sosial mobil double cabin keren Esemka sudah mulai mengaspal di Solo. Warga internet khususnya pegguna facebook dikejutkan dengan beredarnya sejumlah foto mobil Esemka. Mobil Esemka yang bertipe pick up double cabin itu sendiri belakangan dikenal sebagai Esemka Digdaya. Sebenarnya, sketsa double cabin milik Esemka ini telah beredar tahun lalu, kini wujud nyatanya sudah bisa dilihat. Foto-foto Esemka Digdaya sedang mengaspal di unggah oleh netizen dengan  akun facebook Anindya Tejo Martoyo
Ini Dia Esemka Digdaya Wujud Nyata Double Cabin Esemka
Esemka yang mungkin menjadi salah satu harapan warga Indonesia untuk memiliki merek mobil nasional ditengah gempuran merek mobil luar negeri dari Jepang, Korea, Jerman, Amerika, dan masih banyak lagi.

Tampilan Esemka Digdaya

Dari depan terutama bagian lampu utama Digdaya mirip denfan Ford Ranger generasi terbaru dengan kelengkapan lain berupa lampu kabut. Model double cabin Esemka Digdaya memiliki panjang 5,219 m, lebar 1,870 m, tinggi 1,844 m, dan sumbu roda 3,100 m. Sedangkan dimensi bagian bak memilik ukuran panjang 1,497 m, lebar 1,499 m, dan tinggi 0,530 m.

Performa Esemka Digdaya

Mobil Esemka double cabin ini diduga akan menggunakan mesin diesel berkapasitas 1.850 cc. Dengan suplay bahan bakar injeksi 4-silinder segaris.Tenaga yang dihasilkan dikatakan dapat mencapai 134 tk pada 4.000 rpm, dan torsi maksimum yang dihasilkan 300 Nm pada putaran 2.800 rpm. Doble cabin milik Esemka ini memiliki transmisi manual dengan 5 percepatan. Untuk sistem kemudi sudah menggunakan hydrolic power steering. Fitur keselamatan sistem pengereman depan dilengkapi dengan cakram plus booster, anti-lock braking system (ABS), serta electronic brakeforce distribution (EBD).


Kisaran Harga Esemka Digdaya

Mengutip dari kometar atas nama akun facebook Wijanarko Ali pada kiriman  Anindya Tejo Martoyo disebutkan jika harga Esemka Digdaya berada pada kisaran 120 jutaan untuk single cabin dan untuk esemka Digdaya double cabin harganya 200 jutaan. Namun hal itu tentu saja belum bersifat resmi.

Mirip Dengan Foday F22

Di tengah sambutan yang positif dengan lahirnya Digdaya ternyata ada beberapa netizen yang menyayangkan atau kecewa dengan kendaraan ini. Pasalnya ternyeta kendaraan ini sangat mirip dengan kendaraan double cabin asal China yang yaitu Foday F22.
Ini Dia Esemka Digdaya Wujud Nyata Double Cabin Esemka
Terkesan jika Digdaya hanya mengganti merek mobil Foday F22 yang diproduksi oleh diproduksi oleh Guangdong Foday Automobile (GFA). 

Memang di Indonesia sekarang ini agak sensitif dengan apa-apa yang berbau China. Namun, ini merupakan langkah awal mimpi bangsa ini memiliki merek mobil nasional. Semoga tidak keterusan nyonteknya ya..Lalu bagaimana dengan pendapat anda?