Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Ground Clearance dan Fungsinya

Jalan yang tidak rata atau berlubsng serta genangan air sering menjadi masalah pada kendaraan, khususnya jika genangannya tinggi seperti saat terjadi banjir. Pada kendaraan roda empat, ground clearance menjadi hal penting untuk mengatasi kendala jalanan seperti ini

Mengenal Ground Clearance dan Fungsinya

Istilah ground clearance pasti sudah tidak asing lagi bagi pecinta otomotif, bahkan sangat penting bagi Anda khususnya yang ingin membeli kendaraan baru untuk mengetahui pengertian dan fungsi dari ground clearance. Maka dari itu mari kita kenali ground clearance serta mengetahui penting fungsinya pada kendaraan. 

Pengertian Ground Clearance

Ground clearance atau dikenal pula dengan sebutan Ride Height adalah jarak antara dasar ban mobil dengan titik terendah mobil atau lebih tepatnya, jarak terpendek antara permukaan datar yang rata, dan bagian terendah dari kendaraan selain bagian yang dirancang untuk menyentuh tanah (seperti ban). Ground clearance diukur dengan peralatan kendaraan standar, dan untuk mobil, biasanya diukur pada saat kendaraan tanpa muatan atau penumpang.

Fungsi Ground Clearance

Ground clearance merupakan aspek penting dari sebuah kendaraan. Untuk semua kendaraan, terutama mobil, variasi  ukuran ground clearance mewakili pilihan antara handling , kualitas berkendara , dan kepraktisan berkendara

Ground clearance yang lebih tinggi berarti roda memiliki lebih banyak ruang vertikal untuk bergerak dan meredam guncangan jalan. Selain itu, mobil lebih mampu dikendarai di jalan yang tidak rata, tanpa gesekan dengan rintangan permukaan dan kemungkinan merusak sasis dan bagian bawah bodi mobil.

Untuk Ground Clearance yang lebih tinggi, pusat massa mobil lebih tinggi, yang membuat karakteristik handling lebih sulit dan lebih berbahaya (terutama, kemungkinan terguling lebih tinggi). Ground Clearance yang lebih tinggi biasanya akan mempengaruhi sifat aerodinamis. Inilah sebabnya mengapa mobil sport biasanya memiliki Ground Clearance yang sangat rendah, sedangkan kendaraan off-road dan SUV memiliki Ground Clearance yang lebih tinggi.

Terlalu rendah ukuran ground clearance juga akan mengurangi kenyamanan bahkan membuat kerusakan terjadi pada bagian komponen atau body mobil. Berikut ini alasan mengapa ukuran ground clearance mobil yang standar itu sangat penting. 

Menghindari air masuk ke dalam mesin
Potensi air masuk ke dalam mesin baik itu filter udara dan sistem pelumasan semakin tinggi jika tinggi ground clearance mobil terlalu rendah. Air yang masuk ini bisa merusak mesin dan menciptakan masalah pada mesin 

Karena ground clearance yang rendah membuat air mudah masuk melalui knalpot. Apalagi mobil sering melintasi area banjir yang tinggi atau menerjang arus air tinggi. Jika area kolong lebih tinggi, air tidak akan mudah masuk ke mesin dan mobil tidak mudah mogok. 

Perlu diingat bahwa biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan karena air masuk ke dalam mesin tidaklah murah. Anda harus mengganti beberapa komponen seperti stang piston. 

Mampu melewati jalanan tidak rata
Jika Anda menemukan mobil yang ‘ceper’ kemungkinan besar ketinggian bagian terendah telah dimodifikasi.  Karena jarak yang rendah inilah membuat mobil tidak fleksibel saat melewati medan yang tidak rata. Tak heran mobil dengan ground clearance rendah sering mengalami masalah ‘’gasruk’’ ketika melewati polisi tidur. 

Hal ini jika dibiarkan justru akan merusak beberapa komponen mobil khususnya body bagian bawah. Tentu saja kenyamanan pengendara pun akan terganggu karena ground clearance mobil yang terlalu rendah. 

Mempengaruhi kinerja suspensi mobil
Sistem suspensi pada kendaraan memiliki beberapa tujuan seperti menopang beban kendaraan, menjaga kendaraan dari goncanga . Tujuannya juga agar gerakan pada roda lebih baik ketika melewati jalan tidak teratur. 

Travel suspensi ini dipengaruhi juga oleh ketinggian ground clearance mobil. Semakin rendah sistem suspensi atau travel suspensi akan berjalan dengan kurang baik. 


Rata-Rata Ground Clearance

Berikut ini adalah rata-rata tinggi groud clearance berdasarkan jenis mobilnya

Rata-Rata
Ground Clearance
Jenis Mobil
135 - 140 mm Mobil Sport
165 mm Sedan
168 mm Hatchback
170 mm Compact Car
190-200 mm SUV Compact
225 SUV

Post a Comment for "Mengenal Ground Clearance dan Fungsinya"