Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Knalpot Mobil Keluar Asap Putih

Knalpot mobil keluar asap putih bukanlah hal yang bisa disepelekan begitu saja. karena itu, selain ketahui penyebabnya, Anda juga harus tahu bagaimana cara mengatasi permasalahan yang terjadi. 

Seharusnya asap yang keluar dari knalpot mobil tidaklah berwarna. Tapi mengapa yang keluar menjadi asap putih? Jika sudah mengalami kondisi seperti ini, cari dahulu penyebabnya baru setelah itu temukan solusi yang tepat.

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Knalpot Mobil Keluar Asap Putih


Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi knalpot mobil yang keluar asap putih, apakah Anda sudah mengetahui penyebabnya? Jadi ada banyak sekali penyebab asap yang keluar dari knalpot mobil adalah berwarna putih. Berikut beberapa diantaranya:

1. Gasket Kepala Silinder Sudah Rusak

Penyebab yang pertama adalah gasket kepala silinder pada mobil sudah rusak. Fungsi dari gasket kepala silinder adalah untuk menghubungkan blok mesin sebab kepala silinder sendiri terbuat dari logam. Jadi tidak aka nada kebocoran atau oli yang tercampur. Tapi bila terjadi kerusakan atau keretakan, maka oli dapat menetes hingga masuk ke dalam ruang bakar.

2. Seal Katup Aus

Kemudian, penyebab kedua mengapa knalpot mobil mengeluarkan asap berwarna putih adalah karena sel katup aus. Ini adalah penyebab kedua yang tentu saja harus Anda ketahui. Jadi seal katup ini gunanya adalah membuka ruang yang ada di saluran intake atau exhaust dan ruang bakar. Bila tidak terjadi kendala apa-apa, udara akan mengalir ke ruang bakar.

Tapi jika sudah aus, udara tidak akan bisa masuk ke dalamntya dan bahkan dapat menyebabkan terjadinya kebocoran di dalam ruang bakar.

3. Sistem PVC Rusak

Ketiga, asap putih keluar dari knalpot mobil karena sistem pada PVC sudah rusak. Ini adalah masalah lain yang harus segera ditemukan solusinya. Sistem PVC kegunaannya adalah menjaga tekanan udara tetap stabil meski terjadi perubahan. Sama halnya dengan kedua penyebab sebelumnya, bila sistem PVC rusak, ini akan membuat oli bisa masuk ke dalam saluran dan keluar melalui saluran udara.

4. Oli Bocor

Dan terakhir adalah oli bocor. Jadi jika Anda ingin mengatasi knalpot mobil yang mengeluarkan asap putih, coba lihat apakah terjadi kebocoran oli atau tidak. Kebocoran oli biasanya dikarenakan fungsi turbo di dalam mobil tersebut. Sistem kerjanya yang ekstrim membuat kebocoran terjadi. Bila bocor, hasilnya adalah asap putih akan keluar dari knalpot kendaraan Anda.

Cara Terbaik Atasi Asap Putih Yang Keluar Dari Knalpot Mobil

Nah sesudah mengetahui penyebab yang terjadi, maka ini saatnya Anda mencari tahu cara mengatasi asap putih yang keluar dari kendaraan mobil Anda. Jadi ada beberapa cara yang dapat dilakukan. 

Hanya saja sebaiknya periksa dulu penyebab yang terjadi baru lakukan beberapa cara berikut ini:

1. Melepas Saluran PVC

Cara pertama yang harus dilakukan adalah melepas saluran PVC. Ini adalah tahap pertama yang dapat dilakukan jika sudah melihat tetesan oli. Sebab jika ada oli yang menetes, itu artinya terjadi kebocoran yang disebabkan karena separator rusak. Bila ingin memastikan, lepas saluran udara kemudian cek jejak oli di bagian dalam saluran.

2. Ganti Saluran PVC

Kemudian, cara kedua yang dapat dilakukan adalah mengganti saluran PVC. Setelah melihat ada jejak oli di saluran udara, sebaiknya ganti salurannya dimulai dari selang sampai separator.

3. Cek Turbocharger

Ketiga, cek turbocharger jika tidak ada masalah pada saluran PVC. Hidupkan mesin mobil Anda kemudian dengarkan bagaimana suara yang berasal dari turbonya. Jika ada suara yang aneh, mungkin itu penyebabnya.

4. Lepas Selang Udara

Coba lepas selang udara sebagai langkah mengatasi knalpot mobil mengeluarkan asap putih. Cara ini akan membantu Anda mengetahui apakah terdapat ceceran oli mesin di dalamnya atau tidak. Jika da, perbaiki masalah ini.

Itulah penyebab dan cara mengatasi knalpot mobil mengeluarkan asap putih. Jadi sebelum mencari solusinya, lebih baik ketahui dulu apa penyebabnya. Dengan begitu, solusi yang didapatkan akan jauh lebih efektif dan bisa membantu mengatasi permasalahan Anda saat ini.

Post a Comment for " 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Knalpot Mobil Keluar Asap Putih"