Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Agar Kaca Mobil Tidak Berkabut/Berembun Saat Malam Hari Maupun Hujan

Musim hujan seperti sekarang ini membuat kaca mobil mudah berkabut atau berembun. Ini tentu akan mengganggu jarak pandang pada saat mengemudi. Apalagi jika kaca mobil berembun ketika sedang hujan, tentu Anda harus lebih berhati-hati sebab jalanan akan sangat licin dan Anda juga harus perhatikan jarak pandang Anda. Kondisi seperti ini sangat berbahaya. Karena itu, ada beberapa tips di bawah ini yang bisa membantu mengatasi kaca mobil yang berembun atau berkabut.

Tips Agar Kaca Mobil Tidak Berkabut/Berembun Saat Malam Hari Maupun Hujan

 

Beberapa Tips Mengatasi Kaca Mobil Agar Tidak Berkabut Atau Berembun

Banyak pengendara mobil mengeluh karena kaca kendaraannya berkabut atau berembun pada saat musim penghujan atau di malam hari. Sebab kondisi ini dapat menghilangkan fokus pandangannya. Karena itu, atasi segera permasalahan tersebut dengan beberapa cara seperti berikut ini:

1. Nyalakan AC

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menyalakan AC. Sebenarnya bila ac di mobil terlalu dingin, hal ini juga bisa menjadi penyebab kaca menjadi berembun. Tapi solusi yang tepat bukanlah mematikan Ac.

Bila kaca mobil sedang berembun, maka disarankan untuk Anda menyalakan AC di mobil. Tujuannya adalah membantu menghilangkan embun. Apalagi saat udara dingin atau hujan. Cukup dengan mengatur suhunya saja dan sesuaikan dengan suhu yang ada di luar.

 

2. Aktifkan Defogger

Selain itu, Anda bisa aktifkan defogger untuk mengatasi permasalahan ini. defogger letaknya ada di bagian belakang kaca mobil. Kegunaannya adalah sebagai kondensator panas. Keberadaannya di musim hujan tentu sangat membantu menghilangkan embun. Karena itu visibilitas pengemudi pada saat melihat bagian belakang akan jauh lebih jelas. Bila ingin mengaktifkan defogger ini, cukup tekan tombol tiga panah melengkung di dashboard kendaraan Anda.


3. Gunakan Sampo Rambut

Mungkin kedengarannya aneh, tapi ternyata sampo rambut yang Anda pakai bisa membantu mengatasi mobil yang berkabut atau berembun. Banyak pengemudi menggunakan cara ini untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Dengan mengoleskan shampo sebelum berkendara, ternyata hal itu dapat mencegah terjadinya embun sebab kelembapan yang ada di sekitar kaca lebih terjaga.

Bila ingin mencoba melakukan cara yang ketiga ini, Anda hanya perlu mengoleskan sedikit sampai ke bagian kaca mobil. Tidak perlu mencampurnya dengan air, jadi shampo saja. kemudian, lap kaca menggunakan lap sintetis yang agak lembab tapi tidak dicampur dengan air. Lakukan pengelapan dari lurus kesamping agar kaca tidak menjadi buram. Ika hujan sudah reda dan cuaca cerah kembali, bersihkan kaca mobil Anda dengan menggunakan lap sampai bersih.

 

4. Menggunakan Tembakau

Cara keempat adalah menggunakan tembakau. Jadi ternyata cara yang satu ini cukup efektif untuk membantu mengatasi kaca mobil yang kerap berembun dan berkabut di malam hari. Kandungan yang ada di dalam tembakau ternyata bisa menyerap uap air. Ini yang membuat kaca mobil tidak akan berembun meski disaat dingin maupun hujan.

Penggunaan tembakau sama seperti sampho rambut tadi. Cukup oleskan tembakau ke rokok di kaca. Tapi berhati-hatilah pada saat mengoleskannya supaya kaca mobil Anda tidak tergores karena campuran potongan cengkeh yang ada di dalam rokok tersebut. jadi oleskan saja pelan-pelan.

 

Itulah beberapa tips supaya kaca mobil tidak berkabut maupun berembun saat malam hari dan hujan. Jadi lakukan semua cara di atas dan lihat sendiri hasilnya. Diharapkan embun tidak akan mengganggu jarak pandang Anda ketika mengemudi.

Post a Comment for "Tips Agar Kaca Mobil Tidak Berkabut/Berembun Saat Malam Hari Maupun Hujan"