Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 6 Cara Mengatasi Mesin Mobil Cepat Panas

Apakah Anda pernah mengalami mesin mobil terlalu panas saat berada di perjalanan? Bagaimana perasaan Anda? Pasti was-was, bukan? Ada beberapa kemungkinan  penyebab mobil anda cepat panas

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mesin mobil yang cepat panas. Jadi coba simak penjelasan di bawah ini supaya solusi yang tepat bisa segera ditemukan.

Inilah 6 Cara Mengatasi Mesin Mobil Cepat Panas

Langkah Mengatasi Mesin Mobil yang Cepat Panas

Kondisi mesin mobil overheat bukanlah masalah yang harus dilupakan begitu saja. mesin yang overheating adalah pertanda jika terdapat masalah yang terjadi pada kendaraan Anda. Karena itu, jika sudah ada tanda-tanda perubahan suhu mesin yang meningkat dengan cepat, jangan teruskan untuk berkendara. Sebaiknya berhenti di pinggir jalan kemudian lakukan beberapa cara seperti di bawah ini:

1. Matikan Mesin Kendaraan

Pertama, Anda harus matikan mesin kendaraan segera. Jadi bila sudah merasa ada yang aneh dari kendaraan Anda, segera pinggirkan kemudian matikan mesinnya supaya terhindar dari kerusakan yang jauh lebih parah lagi. Baru setelah itu perhatikan jarum temperaturnya.

2.  Buka Kap Mesin

Langkah kedua, buka kap mesin supaya panas yang ada di dalam mesin tidak terperangkap. Tapi pada saat membuka kap harap berhati-hati. Sebab tuas yang ada di dekat radiator bisa membuat Anda terkena panasnya juga.

3. Hindari Membuka Kap Bila Masih Panas

Jika kap mesin sudah terbuka, hindari membuka tutup radiatornya jika mesin mobil masih dalam keadaan panas. Sebab hal ini bisa membuat air dan uap bertekanan tinggi lepas dan mengakibatkan luka bakar yang serius apabila terkena Anda. Jadi tunggulan dulu sampai kap benar-benar dingin supaya menghindari hal-hal buruk seperti ini.

4. Cek Tabung Cadangan

Keempat, coba cek apakah tabung cadangan air radiator kurang atau tidak. Setiap mobil tentu saja memiliki cadangan air yang terhubung langsung ke atas radiator. Inilah yang membantu Anda untuk melihat apakah air tersebut sudah berkurang atau tidak. Karena jika air radiator kurang, ini akan berbahaya untuk mesin kendaraan Anda.

Jadi langkah pertama yang dapat dilakukan adalah memasukkan cairan pendingin hingga ke garis atas. Anda bisa isi air meski masih dalam keadaan panas atau boleh juga menunggu sampai mesin dalam kondisi dingin. Apabila mobil Anda hanya mempunyai radiator tapi tidak ada tabung cadangan di dalamnya, itu berartiAnda harus menunggu dulu sampai dingin baru kemudian membukanya.

5. Carilah Kebocoran Dalam Sistem Pendinginan

Apabila kepala silinder atau radiator rusak, salah satu penyebabnya adalah kebocoran yang terjadi di dalam sistem pendinginan. Jika Anda memiliki pengalaman dengan mobil, periksa radiator mobil Anda, kepala silinder, blok mesin apakah terdapat kebocoran atau tidak.

Tapi sebaliknya, jika Anda kurang begitu paham, maka solusi yang tepat adalah membawa kendaraan tersebut ke bengkel dan mereka akan melakukan tes pada sistem pendingin mobil Anda. Pemeriksaan ini cukup mudah dan bisa dilakukan tanpa biaya sama sekali alias gratis.

6. Buat Keputusan Apakah Terus Berjalan atau Tidak

Terakhir, buatlah keputusan apakah Anda tetap akan melanjutkan perjalanan atau memanggil bantuan orang lain. jika dirasa overheating yang terjadi terlalu parah, maka meminta bantuan adalah solusi yang paling tepat. sebab jika terus dilanjutkan, keselamatan Anda yang akan dipertaruhkan.

Itulah beberapa cara mudah mengatasi mesin mobil yang cepat panas atau overheating. Jangan cemas apalagi tergesa-gesa dalam memutuskan sesuatu. Pinggirkan kendaraan Anda kemudian lakukan semua cara di atas dengan kepala dingin. Selamat mencoba.

Post a Comment for " Inilah 6 Cara Mengatasi Mesin Mobil Cepat Panas"