Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Gejala Kampas Kopling Mobil Matic Habis

Ketika kampas kopling mobil matic Anda habis, disini Anda wajib segera untuk menggantinya. Penyebabnya dari kampas kopling mobil matic habis biasanya dikarenakan dari cara pengemudi mengendarai mobil. 

10 Gejala Kampas Kopling Mobil Matic Habis

Sebagai contoh gejala kampas kopling mobil matic habis yang bisa muncul karena akibat kebiasaan yang tidak baik. Gejala kampas kopling habis juga bisa dikarenakan oleh penggunaan yang terlalu kasar dalam mengendarai mobil. Maka dari itu, waspadai jika kampas kopling habis jika muncul gejala seperti berikut ini. 

10 Gejala Kampas Kopling Mobil Matic Habis

1. Mobil bergetar

Pada saat Anda berkendara dan merasakan getaran atau guncangan, bisa hal tersebut salah satu gejala kampas kopling mobil matic Anda habis. Biasanya, kampas kopling yang sudah telanjur habis bersih dapat membuat komponen ini terbakar karena panas dan gosong serta dapat menyebabkan mobil terasa bergoyang atau bergetar

2. Perpindahan gigi mobil matic menjadi kasar

Gejala kampas kopling mobil matic habis selanjutnya adalah perpindahan gigi menjadi lebih kasar. Pada saat akan mengoper gigi, Anda akan mendengar suara “krek” pada saat Anda akan memindahkan gigi. Paling parahnya gigi bisa terkunci di posisi tertentu dan tidak bisa dipindahkan. 

3. Starter ngelos

Jika pada saat menyalakan mobil Anda merasakan starter yang ngelos atau lebih ringan, itu menjadi tanda bahwa kampas kopling pada mobil matic Anda kemungkinan sudah habis.

4. Terjadi hentakan pada saat memindahkan transmisi

Gejala kampas kopling mobil matic habis dapat dirasakan pada saat Anda melakukan perpindahan transmisi. Akan ada hentakan yang bisa dibilang cukup keras karena oli transmisi tidak dapat menjaga perpindahan gigi saat RPM telah optimal. 

5. Perpindahan transmisi menjadi lebih berat

Selain adanya hentakan, perpindahan transmisi juga akan lebih terasa berat jika kampas kopling mobil matic Anda sudah habis. Perlu Anda waspadai juga kemungkinan kabel gearbox mengelupas atau terputus yang dapat mengakibatkan beratnya perpindahan transmisi. 

6. Tercium ada bau hangus

Apakah Anda pernah mencium bau hangus ketika Anda berkendara? Jika iya, maka kemungkinannya itu adalah sebuah tanda bahwa kampas kopling mobil matic sudah habis. Memang sudah sering mobil transmisi otomatis mengeluarkan bau hangus apabila kampasnya habis. 

7.Tidak kuat untuk menanjak

Gejala selanjutnya mengenai kampas kopling mobil matic habis akan dengan muda diidentifikasi pada saat kendaraan tidak kuat untuk menanjak. Kendaraan akan mengalami kekurangan tenaga dan membuatnya tidak kuat berjalan di jalan yang menanjak. Padahal, Anda sudah pindahkan ke posisi 1 atau L dan gas sudah diinjak dalam-dalam. 

8. Transmisi mobil seperti tersangkut

Kondisi safe mode atau limp mode, di mana transmisi mobil matic tersangkut dengan posisi gigi berada di paling atas, hal ini merupakan gejalan bahwa kampas kopling mobil matic Anda habis. Jika safe mode yang menyebabkan transmisi menjadi tidak dapat bergerak ini terjadi pada kendaraan Anda, maka segera untuk dilakukan pengecekan kondisi kampas kopling.

9. Putaran mesin menjadi makin tinggi

Jika Anda berkendara dengan kecepatan yang biasa, tetapi putaran mesin lain dari biasanya, maka hal ini merupakan sebuah indikasi kampas kopling mobil matic habis. Karena kampas yang sudah mulai menipis akan menjadi licin serta dapat mengakibatkan perputaran lebih sering.  

10. Kopling selip

Ketika kopling mobil matic sering sekali mengalami selip maka hal ini merupakan tanda mutlak bahwa kampasnya mulai menipis atau hampir habis. Meskipun selip ini dapat juga akibat oleh oli yang sudah buruk, kondisi ini lebih sering diakibatkan oleh kondisi kampas. 

Demikianlah 10 gejala yang bisa diamati atau dirasakan jika kampas kopling mobil matic sudah habis

Post a Comment for "10 Gejala Kampas Kopling Mobil Matic Habis"