Sunday, May 1, 2016

BMW M2 Coupe, Sedan Seri M Terbaru dari BMW

Setelah diperkenalkan di Thailand beberapa waktu, akhirnya BMW meluncurkan seri M di Indonesia yaitu BMW M 2 Coupe tepatnya 28 April lalu. Sedan dua pintu ini memang cocok para pecinta kecepatan, mengingat tampilannya yang begitu sporty ditambah dapur pacu yang begitu garang. Mobil ini, dirancang bukan hanya untuk lintasan balap namun sangat sesuai apabila digunakan untuk melintasi jalan raya.


Mobil sedan 2 pintu ini tampil dengan ciri khas seri M dari BMW. Dengan lubang udara yang besar terlihat berpadu dengan spoiler depannya. Jika dilihat dari samping, mobil ini terlihat seperti berotot. Dari belakang terpasang dua kenalpot kembar yang menambah kesan sporty dan bertenaga pada BMW M2. M2 tersedia dalam pilihan warna hitam, putih, biru dan abu-abu. Bagian kaki-kaki mendapat jatah velg 19 inchi yang bergaya double spoke.

Bagian interior BMW M2 menyuguhkan dudukan pengemudi dan penumpang yang bercita rasa mobil balap dengan bahan leather dan warna "dakota black". Kedua kursi ini diberi logo seri M pada bagian bawah head rest kontras dengan jahitannya yang berwarna biru. Ruang kabin dan dasbor M2 didominasi oleh warna hitam dengan sedikit aksen silver pada bagian kemudi. Dasbor juga dilengkapi dengan layar yang cukup besar.

BMW M2 dibekali mesin Twin Turbo 6 silinder segaris. Mesin ini diklaim mampu mencapai kecepatan puncak 250 km/jam dengan tenaga maksimum mencapai 370 HP serta torsi 465 Nm. Tidak hanya itu dengan fungsi overboost pada mesin, M2 mendapat tambahan tenaga sebesar 35 Nm pada putaran antara 1350 rpm hingga 4500 rpm. Untuk mencapai kecepatan 100 km/jam mobil ini hanya butuh waktu 4,5 detik. Dengan mesin garang ini, konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan tiap 100 km sebesar 8,5 liter serta emisi CO2 yang dihasilkan 199 g/km. M2 juga dilengkapi rem cakram 380 mm pada bagian depan dan 370 mm belakang dengan kaliper warna biru dengan hiasan logo M.

Panel dan control keselamatan pada BMW M2 dirancang terfokus pada pengemudi, ini dimaksudkan agar pengemudi dapat bereaksi dengan cepat ketika terjadi hal-hal yang genting saat berkendara. Kontrol lainnya seperti kontrol entertaimen, komunikasi, dan navigasi dipasang agar terjangkau oleh pengemudi dan penumpang dengan begitu pengemudi bisa terfokus berkendara saja atau ke hal-hal yang lebih penting dalam berkendara. BMW M2 dirancang dengan struktur B pillar dengan tambahan side skirt yang diharapkan mampu mengurangi dampak ketika terjadi tabrakan. Selain itu, BMW M2 juga dilengkapi dengan teknologi pedestrian protection yang diharapkan mampu mengurangi resiko cidera pejalan kaki saat bertabrakan dengan mobil.

BMW M2 juga dilengkapi tambahan aplikasi seperti BMW M Laptimer App yang mampu merekam dan menganalisis data mengemudi pada lintasan balap. Aplikasi ini mengambil data dari sensor-sensor yang ada pada BMW M2 kemudian ditampilkan pada layar dasbor. Informasi yang ditampilkan oleh aplikasi ini, berupa posisi GPS, kecepatan, akselerasi, dan waktu lap. Selain itu, aplikasi yang tidaka kalah menariknya adalah aplikasi GoPro, aplikasi ini memungkinkan pengemudi dapat merekam aksinya saat berkendara. Aplikasi ini dapat digunakan melalui fitur iDriver Controller. Perangkat canggih lainya yang ada pada M2 adalah Conected Drives Service yang akan memberikan berbagai macam informasi penting  yang dibutuhkan saat berkendara seperti berita, cuaca, dan pencarian online karena didukung oleh google.

Dengan segala kelengkapan dan fitur yang dimiliki oleh BMW M2, mobil ini dibanderol dengan harga 1,3 Miliar.