Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daihatsu Sigra Type D, Alasan Kenapa Sebaiknya Memilih dan Tidak Memilih Mobil Ini

Daihatsu Sigra adalah mini MPV tiga baris yang dirancang oleh Daihatsu dan diproduksi oleh Astra Daihatsu Motor di Indonesia sejak tahun 2016 untuk dijual secara eksklusif di dalam negeri. Dibangun di atas platform Ayla yang diperpanjang dan kelasnya diposisikan di bawah Xenia sebagai pilihan MPV yang lebih terjangkau untuk pasar Indonesia , di mana permintaan akan MPV tiga baris begitu tinggi. Hal ini juga rebadged dan dijual oleh Toyota sebagai Toyota Calya dengan tampilan depan yang berbeda. Mobil-mobil tersebut dibangun untuk memenuhi peraturan " Mobil Ramah Lingkungan " dari pemerintah Indonesia yang menghapus pajak barang mewah untuk mobil ekonomis.

Daihatsu Sigra Type D, Alasan Kenapa Sebaiknya Memilih dan Tidak Memilih Mobil Ini

Daihatsu Sigra memiliki total 10 type. Harga Daihatsu Sigra berkisar dari Rp 120 jutaN hingga Rp 161 jutaan. Mobil Daihatsu Sigra memiliki 4 type matic. Harga Daihatsu Sigra matic berkisar dari Rp 151 juta hingga Rp 161 jutaan.

Mobil Daihatsu Sigra yang dipasarkan saat ini merupakan versi facelift. Sigra mendapat penyegaran yang dilakukan menjelang akhir tahun 2019. Perubahan terjadi di sektor eksterior, interior dan penambahan sejumlah fitur baru. Tapi penambahan fitur baru itu tak dapat dijumpai pada seluruh type.

Terdapat sepuluh varian Daihatsu Sigra yang saat ini dijual. Mulai dari varian paling murah tipe D hingga varian paling mahal yaitu type R Deluxe. Selain perbedaan tipe, Sigra juga ditawarkan dalam dua pilihan kapasitas mesin, yaitu 1,0 liter dan 1,2 liter. Sedangkan, pilihan dari sisi transmisi tersedia dua, yaitu manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. 

Berbicara masalah harga, tentu varian D menjadi menarik bagi sebagian kalangan mengingat harga yang murah. Berikut ini merupakan alasan kenapa membeli Daihatsu Sigra Type D dan alasan kenapa tidak membeli daihatsu Sigra Type D ini

Alasan Kenapa Sebaiknya Membeli Daihatsu Sigra Type D

1. Harga Paling Murah

Dengan harga 120 jutaan kita bisa memboyong MPV yang bisa memuat 7 penumpang. Bahkan, harga tersebut dikatakan harga MPV 7  seater baru yang paling murah saat ini 

2. Fitur yang sudah cukup untuk harian

Meskipun harganya murah, tetapi apa yang diberikan Daihatsu untuk Sigra type D bisa dibilang sudah memiliki fitur yang cukup untuk kebutuhan harian. Karena mobil ini sudah dibekali audio Single DIN dan dilengkapi dengan USB dan Aux-in, AC Single Blower, sistem kemudinya sudah menggunakan Electronic Power Steering (EPS) serta buka tutup jendela sudah pakai Power Windows.

Sementara itu, sistem keselamatannya sudah disediakan seatbelt hingga ke jok baris ketiga, ada Child Door Lock, rem depan cakram, dan dilengkapi Side Impact Beam

3.  Ground Clearance 180 mm

Meski terlihat rendah, ternyata ground clearance Sigra setinggi 180 mm. Cukup tinggi untuk kondisi jalanan Indonesia yang masih tidak merata mulus. Tak perlu khawatir jika kolong mobil mentok ataupun ragu-ragu melewati genangan air yang cukup tinggi. Asalkan kondisi penumpang tidak  penuh. 


Alasan Sebaiknya Tidak Membeli Daihatsu Sigra Type D

1. Kapasitas Mesin yang Kecil

Daihatsu Sigra Tipe D mengusung mesin 1.000 cc 3 silinder berkodekan 1KR-VE. Jangan berharap Sigra tipe D ini memiliki kemampuan akselerasi yang sangat bagus atau topspeed yang optimal. Bahkan dibanding Sigra tipe X dan M yang pakai mesin 1.200 cc 4 silinder saja, tenaganya kalah sekitar 21 PS. Konfigurasi mesin tiga silinder juga akan menimbulkan getaran yang lumayan terasa.Jadi bijak-bijaklah dalam mengendarai mobil ini, sebab kendaraan tersebut bukan untuk  dipacu dengan kecepatan tinggi terlebih jika penumpang dalam keadaan penuh

2. Belum dilengkapi Airbag

Daihatsu Sigra type D merupakan tipe termurah , tentunya di model ini jangan mengharapkan menemui fitur advance lainnya seperti Dual SRS Airbags, ABS dan EBD, Parking Sensor, atau Rear Camera. Karena semua fitur ini baru disediakan mulai Sigra tipe X. Bahkan sistem kunci di Sigra tipe D juga belum pakai remote. 

3. Tampilan yang Terlihat Apa Adanya dan Kurang Stylish

Tampilannya daihatsu Sigra Type D dapat dikatakan polos tanpa ada aksesori. Bahkan tidak ada lapisan kromium di bumper depan maupun bodi lainnya. Ubahan bumper mengikuti facelift pada umumnya. Tidak ada disertakan lampu LED. Peleknya pakai model kaleng 13 inci, minus wheel cap. Bagian belakang juga belum dilengkapi wiper.

Demikianlah mengenai alasan kenapa memilih dan tidak memilih Daihatsu Sigra Type D. Nah, sekarang pilihan tergantung pada Anda dan jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri. 


Post a Comment for "Daihatsu Sigra Type D, Alasan Kenapa Sebaiknya Memilih dan Tidak Memilih Mobil Ini"