Sunday, July 17, 2016

Mobil Mewah ini Kena Recall Gara-Gara Baut

Recall pada umumnya terjadi karena terjadi kesalahan atau cacat pada suatu produk yang dapat menggangu kenyaman, keamanan ataupun keselamatan penggunanya. Pada kendaraan roda empat recall biasanya terjadi akibat salah satu atau komponen dari mobil berpotensi mengancam keselamatan penumpangnya. Seperti yang terjadi pada mobil Honda beberapa waktu lalu, recaal dilakukan akibat airbag yang mengembang secara berlebih dan berpotensi mengancam keselamatan penumpangnya. Begitu juga yang terjadi pada Chevrolet Trax, Spark dan Sonic yang direecall akibat  fitur Bring Your Own Media (BYOM) pada head unit tiga mobil tersebut eror sehingga membuat alarm pengingat sabuk pengaman tidak berfungsi. Toyota juga pernah merecall mobilnya lebih dari 1 juta unit akibat masalah kantung udara.
918 Spyder

Nah kali ini, Recall terjadi pada mobil sport mewah Porsche. Porsche secara resmi mengumumkan status recall pada mobilnya yaitu Porsche 918 Spyder, Selasa (12/7/2016). Porsche 918 Spyder sendiri merupakan mobil sport hybrid yang pertama kali diperkenalkan di ajang Geneva Motor Show 2010 lalu. Bermodalkan mesin 4.6 liter V8 ditambah dua motor elektrik, Porsche 918 Spyder mampu menghasilkan tenaga total ke seluruh roda sebesar 887 HP, dan torsi mencapai 1275 Nm. Dengan tenaga sebesar itu, kendaraan ini mampun melesat hingga kecepatan puncak 345 km/jam. Selain kencang,  Porsche 918 Spyder  ternyata memiliki konsumsi BBM yang sangat rendah untuk kelas sportcar, yakni 3,2 liter per 100 km.

Pihak Porsche menyatakan bahwa penyebab flagship 918 Spyder menyandang status recall karena ada baut pada bagian sabuk pengaman yang tertukar saat proses produksi. kesalahan pemasangan baut ini dapat mengakibatkan fungsi sabuk pengaman menjadi terganggu. Dengan kecepatan yang begitu kencang, tentunya fungsi sabuk pengaman sangat penting pada mobil ini.

Mengenai berapa unit yang mengalami masalah, pihak Porsche tidak memberikan angka pasti. Namun yang jelas tidak seperti Toyota yang pernah merecall lebih dari 1 juta unit mobilnya, Porsche kemungkinan merecall 918 unit Porsche 918 Spyder karena mobil  ini hanya diproduksi sebanyak 918 unit saja. Porsche sendiri, juga pernah melakukan hal yang sama pada unit lain akibat kesalahan instalasi kabel  yang berpotensi mengakibatkan kebakaran.