Sunday, July 3, 2016

Terungkap Jelas... Spesifikasi Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Berita mengenai Toyota Calya dan Daihatsu Sigra kian santer terdengar. Duet Toyota dan Daihatsu ini akan menggempur pasar MPV (Multi Purpose Vehicle) di tanah air. Terlebih kedua mobil ini akan bermain di kelas LCGC (Low Cost Green Car) yang tentunya harga kedua mobil sangat terjangkau. Mobil ini akan menjadi impian masyarakat Indonesia terutama kalangan menengah kebawah.
Toyota Calya dan Daihatsu Sigra
Toyota Calya (atas) dan Daihatsu Sigra (bawah)

Menengok ke spesifikasi kedua mobil ini, meskipun kedua mobil ini merupakan kelanjutan duet Toyota dan Daihatsu namun tetap saja kedua mobil ini memiliki perbedaan. Pembeda paling jelas terlihat dari kedua mobil ini tentu saja dari tampilan depan. Selain logo, aliran udara kedua mobil meski sama-sama besar, Daihatsu Sigra terlihat lebih agresif dengan lekuk-lekuk tegas dan serba tajam. Selain itu, di bumper aliran udaranya dibuat terpisah. Sementara Toyota Calya aliran udaranya dibuat menyatu dengan bumper, kalau diperhatikan mirip Toyota Veloz. kalau Daihatsu terdapat aliran udara pada bumper, Toyota Calya didesain terlihat tangguh dengan pelindung bumper yang dihias dengan aksen chrome. Cover foglamp Daihatsu Sigra juga dibuat meruncing dengan posisi horizontal. Sedangkan, Toyota Calya posisinya vertikal dengan desain yang juga cenderung tajam. Desain lampu utama kedua mobil sama, dibuat dengan suduut-sudut tajam. Begitu juga pada grille tebal yang berlapis chrome dan menyatu dengan lampu depan. Jika mengok pada bagian interiornya, kedua mobil ini dirancang dapat menampung 7 orang penumpang (7-seater). Masing-masing jok telah dilengkapi dengan head rest hingga ke baris ketiga.

Untuk urusan mesin, kedua mobil dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1200 cc dengan tipe 3NR-VE. Tipe mesin 3NR-VE ini juga dipakai pada Toyota Etios Valco, namun pada Calya dan Sigra mesin ini dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i. Meskipun berbeda, mesin ini dirancang dengan tetpa mengedepankan bahan bakar. Tenaga yang mampu dihasilkan oleh mesin ini sebesar 67 dk pada 6000 putaran. Berbeda dengan Alya yang hanya mampu menghasilkan tenaga sebesar 65 dk pada 6000 putaran. Dengan bertambahnya tenaga mesin, diharapkan mampu menjadi kompensasi akibat bobot kendaraan yang lebih besar dari kedua kakanya Agya dan Alya karena Calya dan Sigra dirancang sebagai kendaraan tiga baris penumpang.

Karena Calya dan Sigra akan masuk pasar LCGC. Kedua mobil ini akan menjadi pesaing utama MPV LCGC sebelumnya yaitu Datsun GO Panca. Bahkan bisa jadi akan menggusur kakak-kakak seperguruannya yaitu Grand New Avanza dan Great New Xenia. Tetapi entahlah, kita hanya bisa memprediksi dan hanya Tuhan yang tahu apa yang akan terjadi. Kabar lain menyebutkan harga Daihatsu Sigra berada pada kisaran 100 juta hingga 150 juta.