https://lokergurubali.blogspot.com/ Tips Memilih Velg Yang Cocok Untuk Mobil - mobil keren.com

Tips Memilih Velg Yang Cocok Untuk Mobil

Memilih dan memahami fitment velg mobil diawali dengan hal-hal standar, seperti ukuran lebar dan diameternya. Selanjutnya, Anda juga harus memahami soal centerbore dan offset.  Bukan saja enak dilihat, tetapi kombinasi tersebut harus benar-benar cocok dengan mobil Anda. Maka dari itu, penting mengetahui tentang tips memilih velg yang cocok untuk mobil kesayangan Anda.
Tips Memilih Velg Yang Cocok Untuk Mobil

Tips Standar Mengetahui Spesifikasi Velg Mobil

Pada permukaan velg, biasanya dilengkapi dengan angka-angka yang memberikan tanda velg tersebut cocok untuk ukuran ban dan mobil tertentu. Jika angka tersebut dihitung dengan benar, maka kondisi ban akan terjaga dan fender pun tidak saling memakan satu sama lain.
Hal ini sangat berpengaruh besar terhadap pengendara dan juga dapat memperpanjang umur pemakaian komponen kaki-kaki mobil.
Kemudian, untuk mengetahui cocok dan tidaknya velg yang diincar tersebut, Anda perlu mengetahui jumlah lubang baut dan pola yang bentuknya. Biasanya pola lubang baut dijelasakan dengan dua angka atau dikenal dengan istilah PCD (Pitch Circle Diameter).
Untuk lebih jelasnya, kami berikan sedikit contohnya. Misalkan terdapat angka 4x100, itu artinya angka pertama mewakili jumlah lubang baut dan angka selanjutnya memberitahukan jarak antar lubang satu dengan yang lainnya. Dapat disimpulkan, velg tersebut memiliki empat lubang dengan jarak antar lubang 100 mm.
Sebagai pertanyaan awal, apakah mobil Anda memiliki spesifikasi velg PCD 4x100? Jika tidak, maka Anda harus memilih velg lain, misal PCD 4x114.3 atau velg lainnya yang cocok dengan spesifikasi mobil Anda.
Mari, kita lanjutkan tips memilih velg yang cocok untuk mobil Anda!

Mengenal dan Memilih Centerbore

Apa itu centerbore? Yaitu lubang atau lingkaran yang berada tepat di tengah-tengah antar lubang baut pada velg. Fungsinya sangat penting sekali, yaitu untuk menahan velg agar tidak bergeser dan tetap berada di pusat roda.
Ketika Anda memilih velg mobil, usahakan memilih velg yang memiliki centerbore pas dengan spesifikasi mobil. Jika ukuran ceterbore lebih besar dan Anda tetap ingin memasangnya, maka dianjurkan untuk menyelipkan center ring. Selain untuk menutupi celah-celah yang masih terlihat, juga center ring ini akan mampu menahan beban yang diterima baut roda.
Untuk menyelamatkan kaki-kaki mobil Anda, jangan remehkan fungsi dan peran center ring. Sebaiknya Anda memilih center ring yang bagus dengan kisaran harga Rp500 ribuan untuk empat roda.

Size Does Mattres? 

Biasanya untuk modifikasi velg, tidak terlalu memperhatikan ukuran, yang penting bisa masuk dan terlihat keren. Misalnya, velg ukuran 19 inci atau lebih besar dipasang ke mobil sedan atau mobil kecil seukurannya. Selain terlihat menonjol, juga terkesan lebih keren untuk mobil modifikasi.
Tetapi perlu diingat, ukuran velg yang lebih besar dari standar biasanya akan terasa lebih berat dan setir tidak begitu responsif. Jadi, size does mattres? Ya, pastinya sangat penting.
Ketika Anda memasang velg yang ukurannya lebih besar dari standar pabrikan, maka bisa dimaksimalkan pada ruang fender hingga 2 inci. Misalnya, velg bawaan mobil ukuran ringnya 15, berarti masih bisa dimaksimalkan menjadi 17. Itu artinya, Anda harus mengubah bentuk fender bawaan.
Sebelum memutuskan memilih velg yang ukurannya lebih besar dari standar bawaan mobil, Anda harus memahami dulu soal offset pada fitment velg mobil.

Apakah Penting, Offset pada Fitment Velg?

Offset bahkan menjadi salah satu faktor penting dalam memilih velg baru, apalagi ukuran velg-nya lebih besar dari standar pabrikan. Selain itu, mengetahui offset yang sesuai akan mendapatkan fitment velg yang diinginkan. Jadi, offset sangat penting sekali.
Apa yang dimaksud dengan offset? Offset dalam istilah lain biasa disebut dengan “ET”, yaitu jarak antara bagian penampang tengah velg dari garis tengah velg. Jika angka offset velg-nya negatif, berarti posisi penampang tengah velg cenderung ke bagian dalam velg. Sebaliknya jika offset-nya positif, artinya posisi penampang tengah velg cenderung ke sisi luar velg. Tetapi jika nol, maka posisi lubang berada tepat pada garis tengah velg. Mengerti?

Kesimpulan

Jadi, jika Anda ingin memilih velg lebar, usahakan buat offset-nya tidak keluar dari fender. Akan tetapi, apabila ingin memilih yang ideal, maka offset dari velg yang baru tidak boleh lebih dari 5 mm, baik itu lebih besar atau lebih kecil dari offset velg bawaan mobil.
Perlu juga diingat, bahwa di dalam tips memilih velg yang cocok untuk mobil Anda, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu offset velg standar bawaan dari mobil Anda. Demikian, semoga bermanfaat!

0 Response to "Tips Memilih Velg Yang Cocok Untuk Mobil"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel