https://lokergurubali.blogspot.com/ Tips Sederhana Memilih Mobil Bekas Berkualitas - mobil keren.com

Tips Sederhana Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Apakah Anda berniat membeli mobil tapi kondisi keungannya belum mencukupi? Jangan berkecil hati, Anda masih memiliki alternatif lain, yaitu membeli mobil bekas berkualitas. Memang bisa, membeli mobil bekas tapi berkualitas? Ya, tentunya bisa! Asalkan Anda mengetahui dengan cermat tips memilih mobil bekas berkualitas berikut ini.
Tips Sederhana Memilih Mobil Bekas Berkualitas

1. Carilah Informasi Dari Media Online Maupun Offline
Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari informasi dari media online maupun offline tentang mobil bekas. Ada beberapa situs jual beli online yang menawarkan produk mobil bekas dengan informasi merk, harga, tahun, dan spesifikasinya secara lengkap. Misalnya, situs Mobil123, Otosia, dan OLX.
Sedangkan informasi lainnya bisa Anda tanyakan pada mekanik atau teman yang sekiranya paham tentang spesifikasi mobil bekas layak pakai yang berkualitas. Cari tahu, mulai dari harga pasaran, tahun, spesifikasi mobil dan hal-hal lainnya, sesuai dengan yang Anda inginkan.

2. Dapatkan Mobil Bekas Dari Tangan Pertama
Tangan pertama yang kami maksud adalah langsung pemilik mobil, bukan tangan kedua atau seseorang yang menghubungkan Anda pada si pemilik mobil. Bisa juga Anda membeli mobil bekas dari showroom, tapi informasi tentang mobil tersebut tidak bisa Anda gali secara utuh.

3. Tanyakan Langsung Latar Belakang Mobil
Tips memilih mobil bekas yang ketiga ini erat kaitannya dengan poin kedua. Yaitu membeli mobil bekas langsung dari pemiliknya dapat lebih leluasa menanyakan latar belakang mobil secara menyeluruh.
Anda bisa ajukan beberapa pertanyaan-pertanyaan seperti berikut ini:
a. Apakah Anda membeli mobil ini dalam kondisi baru atau bekas?
b. Sudah berapa lama Anda memiliki mobil ini?
c. Dipakai kebutuhan apa saja dengan mengendarai mobil ini?
d. Rute yang pernah ditempuh, jarak paling jauh sampai kemana?
e. Apakah mobil ini merupakan mobil sewaan?
f. Apakah mobil ini pernah mengalami kecelakaan?
g. Biasanya, berapa kali dalam setahun Anda melakukan service?
h. Spare part apa saja yang pernah Anda ganti, kapan dan mengapa?
i. Apa alasannya, Anda menjual mobiul ini?
Jika sekiranya masih ada pertanyaan yang perlu ditanyakan, silakan tambahkan. Setelah mengetahui informasi perihal latar belakang mobil, barulah Anda melakukan pengecekan fisik mobil.

4. Cek Bodi Mobil
Jika Anda kurang paham bagaimana kondisi mobil bekas layak pakai yang berkualitas, sebaiknya Anda ditemani oleh mekanik atau teman yang mengerti persoalan mobil. Mintalah ijin kepada pemilik mobil untuk memeriksa seluruh bagian kendaraan tersebut.
Pertama-tama, perhatikan kondisi cat pada bodi mobil, apakah terdapat goresan, penyok, titik-titik karat, bekas tambalan, atau masih terlihat mulus.
Kedua, periksa bagian plafon (bagian atas mobil). Kondisi plafon yang masih bagus akan terlihat masih tebal.
Ketiga, periksa keempat ban, apakah masih bagus atau sudah mulai aus.

5. Periksa Bagian Mesin Mobil
Langkah ini sebaiknya Anda serahkan sepenuhnya pada mekanik atau teman yang diajak tadi. Pastikan yang diperiksanya meliputi bagian kap mesin (selang-selang harus bebas dari kebocoran dan korosi).
Buka tutup oli mesin dan periksa apakah ada bekas buih yang menandakan kebocoran atau tidak. Setelah itu, angkat tongkat pengukur oli transmisi dan pastikan oli berwarna merah jambu dan oli dalam keadaan penuh.

6. Periksa Seluruh Bagian Dalam Mobil
Mulai dar jok dan sarungnya, AC, lampu-lampu, radio, CD, TV, dan yang lainnya. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik.
Lihat odometer untuk mengetahui jarak tepuh mobil. Untuk jarak tempuh yang terbilang normal, yaitu rata-rata 16.000 hingga 24.000 Km dalam satu tahun.

7. Lakukan Test Drive
Saat melakukan test drive, perhatikan kenyamanan mobil saat dioperasikan terutama pada rem. Komponen ini sangat penting untuk memastikan keselamatan berkendara. Test drive pada kecepatan 50 Km/jam, rem yang masih bagus tidak akan ada getaran pada pedal rem dan terdengar bunyi mendecit.

8. Periksa Kelengkapan Surat Kendaraan
Sepanjang dokumen dan surat jual beli kendaraan lengkap, maka proses balik nama dapat dengan mudah dilakukan. Oleh karena itu, periksa suart-surat kendaraan, seperti BPKB dan STNK. Periksa juga keaslian cap dan tanda tangan pengesahan BPKB dan STNK. Sebaiknya pemeriksaan ini di kantor Samsat saja.

Dengan mengetahui tips memilih mobil bekas yang masih layak pakai dan berkualitas seperti di atas, setidaknya Anda mendapatkan mobil sesuai keiinginan meskipun kondisinya bekas.

0 Response to "Tips Sederhana Memilih Mobil Bekas Berkualitas"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel