Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal-Hal yang dapat Dijadikan Pertimbangan Sebelum Memutuskan Membeli Mobil Listrik

Satu hal yang menarik tentang mobil listrik adalah bahwa mereka membutuhkan perawatan yang sangat sedikit dibandingkan dengan mobil mesin berbahan bakar fosil. Diantaranya kita dapat berhemat pada biaya penggantian oli, dan dengan sekitar 10% jumlah suku cadang. Sejumlah penelitian di luar sana  menunjukkan bahwa memiliki mobil listrik kita dapat berhemat daripada memiliki mobil bermesin bakar fosil, meskipun pada saat pembelian untuk sekarang pembelian unit baru mobil listrik lebih mahal untuk dibeli jika dibandingkan dengan harga mobil konvensional

Hal-Hal yang dapat Dijadikan Pertimbangan Sebelum Memutuskan Membeli Mobil Listrik

Seperti halnya teknologi baru, mungkin masih banyak yang belum diketahui dari mobil listrik itu sendiri. Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli mobil listrik ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa hal diantaranya sebagai berikut

Daya Listrik Rumah Anda

Mengisi daya mobil listrik hampir semudah mengisi daya smartphone. Namun pengisian daya mobil listrik mungkin tidak dilakukan pada tempat ata seperti kita mengisi daya ponsel di sebelah meja samping tempat tidur atau meja kantor Anda,mobil listrik memerlukan sumber pengisian daya yang dekat dengan mobil itu diparkirkan  seperti garasi Anda, atau di pengisi daya  yang mungkin Anda temukan di pertokoan. pusat pengisian daya atau tempat kerja. Namun saat ini belum banyak tempat seperti pertokoan atau perkantoran yang menyediakan layanan pengisian daya mobil listrik

Mengisi daya di rumah  dapat memakan waktu semalaman atau lebih lama . Jika rumah anda berlangganan lisitrik dengan daya 2.200 VA, anda harus menaikkan daya listriknya agar bisa ngecas baterai mobil listrik. Teknologi mobil listrik saat ini masih memungkinkan melakukan pengecasan di rumah dengan daya 2.200 VA. Dengan kata lain minimal listrik 2.200 VA sebenarnya masih bisa untuk mengisi ulang daya baterai mobil tersebut, namun mungkin anda harus mematikan beberapa perangkat elektronik di rumah anda agar mobil bisa diisi tanpa gangguan. Meskipun rumah 2.200 VA bisa untuk ngecas mobil listrik tapi harus dibayar dengan lamanya pengisian daya ke baterai. Karena ingat lagi di awal, kapasitas baterai mobil listrik di atas 30 kWh. 

Untuk itu paling ideal naikkan daya listrik rumah ke 3.500 atau 4.400 VA. Sebagai contoh kasus perhitungan pada mobil Hyundai Ioniq yang memiliki kapasitas baterai 38,3 kWh, jika rumah anda memiliki daya listrik 1.300 VA maka akan memerlukan waktu sekitar 21 jam dalam pengsisian daya penuh kendaraan anda dengan opsi pengisian paling ekonomis sebesar 1.750 Watt setiap jamnya. Jika rumah anda memiliki daya 3.500 atau 4.400 VA maka anda dapat menggunakan metode pengisian 2.600 watt pengisian yang dapat dilakukan selama 14 jam sampai penuh.

Ketersediaan Stasiun Pengisian Umum untuk kendaraan Listrik

Pertimbangkan juga ketersediaan stasiun pengisian umum di lokasi yang dekat dengan rumah atau tempat kerja seperti di tempat parkir umum, di parkir mall, di dealer mobil baru, di sudut-sudut kota, atau stasiun pengisian umum yang disediakan pabrikan. Untuk saat di Indonesia sendiri belum banyak ditemukan stasiun pengisian mobil listrik. Beberapa pihak seperti PLN sudah mulai menghadirkan stasiun khusus untuk mobil listrik yang dinamakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Namun saat ini hanya tersedia di kota-kota besar seperti Jakarta, Denpasar, Jawa Tengah, Surabaya dan beberapa di dealer mobil resmi seperti BMW, Mercedes Benz, dan Mitsubishi.

Jarak Tempuh Mobil Listrik

Mobil listrik berhubungan dengan kenyamanan dan efisiensi. Anda harus bisa mengetahui seberapa jauh jarak yang bisa ditempuh mobil listrik yang ingin Anda beli dalam kondisi baterai penuh, 150 km, 250 km, atau bisa sampai 500 km? Dengan begitu Anda bisa memperkirakan di daerah mana mobil bakal kehabisan daya dan bisa mempersiapkan diri untuk kemungkinan terburuk

Pahami Kebutuhan Anda

Seperti halnya mobil konvensional, membeli mobil listrik juga harus mempertimbangkan kapasitas penumpang dan juga bagasi barang. Jika yang Anda butuhkan adalah mobil keluarga, Anda harus menyesuaikannya dengan memilih mobil listrik yang punya konfigurasi tempat duduk sebagaimana mobil keluarga serta bagasi lapang untuk membawa barang bawaan. Tapi jika mobil listrik hanya dipakai untuk pulang pergi ke tempat kerja yang lokasinya dekat, mobil listrik berdimensi kecil

Usia Baterai Mobil Listrik

Membeli dan menggunakan mobil listrik sama halnya dengan Anda menggantungkan hidup pada baterai. Seberapa lama baterai itu bisa digunakan sepanjang itulah Anda bisa menggunakan mobil listrik. Di Amerika usia baterai mobil listrik diatur oleh pemerintah. Pabrikan wajib menggaransi baterai minimal delapan tahun atau 100.000 mil (160.000 km). Pada prakteknya pabrikan memang menerapkan garansi yang berbeda-beda. Hyundai misalnya, pabrikan Korea Selatan ini memberikan garansi seumur hidup buat Hyundai Kona EV. Pabrikan lain seperti BMW, Chevrolet, Nissan, Tesla (Model 3) dan Volkswagen memberikan garansi jika kapasitas baterai ternyata lebih rendah (di bawah 60%-70%) dari yang seharusnya.

Tanpa adanya garansi Anda butuh dana yang besar untuk mengganti komponen paling penting ini, mulai dari $5.000 hingga $15.000 jika dikonversikan 72,6 juta rupiah hingga 217 juta rupiah tergantung model dan mereknya.

Adanya Insentif dari Pemerintah

Pemerintah mendorong program industri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dengan mengeluarkan kebijakan berupa insentif PPnBM dan DP minimum untuk konsumen 0%.
Pemerintah juga menetapkan insentif lainnya untuk mendorong penggunaan KBLBB yaitu pajak daerahnya maksimum 10% dan tingkat bunga yang rendah.

Untuk mendorong pengembangan industri ini pemerintah juga menetapkan tarif khusus Bea Masuk 0%, untuk kendaraan bermotor yang diimpor dalam kondisi tidak utuh dan tidak lengkap (Incompletely Knocked Down) melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK-13/MK.010/2022. KBLBB IKD yang belum lengkap itu nantinya dipenuhi dengan menggunakan komponen yang dihasilkan produsen dalam negeri.

Dengan memperhatikan pertimbangan di atas, keputusan Anda membeli mobil baru di kemudian hari dapat menjadi keputusan terbaik.

Post a Comment for "Hal-Hal yang dapat Dijadikan Pertimbangan Sebelum Memutuskan Membeli Mobil Listrik"