Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Oli Power Steering! Penyebab Kebocoran, Dampak yang Ditimbulkan, dan Cara Mengatasi

Oli Power Steering! Penyebab Kebocoran, Dampak yang Ditimbulkan, dan Cara Mengatasi

Power steering berat adalah salah satu masalah yang bisa terjadi pada mobil, terutama mobil yang telah lama digunakan atau berusia tua. Masalah ini jelas akan sangat mengganggu karena bisa membuat tubuh  terasa cepat lelah saat mengemudi atau bahkan berakibat fatal. Roda setir yang biasanya mudah diputar akan terasa berat jika ada gangguan pada komponen yang satu ini. 

Salah satu masalah yang biasanya teradi pada power steering mobil adalah kebocoran oli power steering itu sendiri. Oli power steering adalah pelumas yang digunakan pada sistem power steering mobil yang membuat sistem tersebut dapat bekerja dengan maksimal. Untuk itu kenali Penyebab bocornya oli power steering, dampak yang ditimbulkan, dan cara mengatasinya

Penyebab Kebocoran Oli Power Steering

Pecah atau Retaknya Selang Power Steering

Selang power steering akan mengalami masalah akibat terlalu banyak menerima panas mesin.atau juga bisa dipicu akibat usia pemakaian yang cukup lama. Hal ini menyebabkan rusaknya selang power steering yang dapat berupa retakan kecil atau bahkan pecah. Hal ini membuat oli terus menetes.

Tanda dari kebocoran ini memang tidak selalu terlihat jelas karena berupa tetesan dengan jumlah yang relatif sedikit. Namun, hal tersebut perlu diperhatikan lebih lanjut agar menghindari kerusakan yang lebih parah. Iidentifikasi masalah ini dapat dilakukan dengan melihat tetesan kecil yang ditemukan di lantai garasi.

Seal Rack Power Steering Bocor

Penyebab lain oli power steering bocor adalah seal pada bagian steering rack mengalami kebocoran. Seal ini berfungsi sebagai pelindung untuk mencegah kebocoran minyak rem pada power steering mobil. Jika saja komponen tersebut mengalami retak, maka akan menyebabkan kebocoran dan berdampak pada power steering. Untuk masalah kebocoran pada steering rack mungkin tidak terlalu terlihat dengan jelas. Namun ketika mobil digunakan, maka kebocoran dengan jumlah besar bisa saja terjadi di kemudian hari.

Hal ini dikarenakan terdapat minyak rem bertekanan tinggi pada komponen tersebut. Untuk itu perlu adanya perhatian dan tindakan khusus agar tidak membahayakan keselamatan penumpang mobil.

Untuk mengecek masalah tersebut, terlebih dahulu dengan menghidupkan mesin. Kemudian, belokkan setir ke kanan dan ke kiri. Apabila terdapat kebocoran ketika setir mobil dibelokkan, maka menandakan bahwa seal rack power mengalami masalah. Jika sudah mengetahui penyebab oli power steering bocor, solusi yang paling tepat yaitu mengganti komponen tersebut.

Sekrup atau Klem Selang yang Terlepas atau Kendor

Penyebab berikutnya yaitu  klem selang terlepas atau kendor. Biasanya, komponen tersebut dipasang dengan klem sekrup atau klem pegas sebagai penguatnya. Apabila sudah dimakan usia, bisa saja klem selang mengalami kebocoran. Hal ini bisa juga terjadi pada saat melakukan perbaikan dan lain sebagainya. 

Dampak yang Ditimbulkan dari Bocornya Oli Power Steering

Saat Oli Power steering bocor, umumnya tidak memunculkan tanda apabila terjadi permasalahan. Namun ketika oli di dalam mekanisme power steering mulai berkurang sampai melalui tingkat minim akan timbul gejala kerusakan pada sistem power steering seperti, muncul suara mendengung saat anda berbelokan kemudi, muncul suara kasar (dari pompa) saat membelokan kemudi, kemudi terasa lebih berat dibanding sebelumnya, oli yang dibiarkan bocor bisa merusak komponen lainnya. Oli power steering yang bocor walau hanya sedikit bisa membuat komponen lainnya seperti as rack steer dan pompa power steering jadi lebih cepat rusak. Nah, pompa dan steering rack ini sulit diperbaiki. Andai bisa diperbaiki pun tetap berpotensi rusak lagi. Jadi perlu penggantian komponen yang biayanya cukup besar.

Cara Mengatasi Kebocoran Oli Power Steering

Setelah mengetahui beberapa penyebab oli power steering bocor, kini saatnya untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya dengan benar. Yang pertama dilakukan adalah mengetahui penyebab kebocoran yang terjadi pada mobil Anda. Apabila seal steeing rack yang mengalami kebocoran  maka perbaikan dilakukan dengan mengganti seal steering rack. Selanjutnya Anda harus mengencangkan klem selang power steering untuk bisa mengatasi kebocoran oli. Selain hanya meneteskan oli power steering, kebocoran dapat melalui retakan seal atau mungkin selang yang sudah pecah. Namun bila mengatasi melalui sambungan selang power steering yang longgar, maka klem dapat kendor atau bahkan terlepas. Karena fungsi dari klem pada bagian selang power ini adalah untuk membantu mengencangkan sambungan. Namun apabila Anda tidak percaya diri melakukannya sebaiknya dibawa ke bengkel terdekat

Bagaimana jika tiba-tiba oli power steering bocor padahal Anda sedang dalam perjalanan? Langkah terbaik yang bisa Anda lakukan yaitu Segera berhenti di pinggir jalan yang sudah aman., cek bagian bawah mobil, apakah ada cairan yang menetes ke aspal, segera bawa ke bengkel untuk mengecek kondisi kebocoran oli power steering ini.

Anda harus mengecek penyebab oli power steering bocor sebelum melakukan penanganan yang tepat. Jika dirasa bermasalah, ada baiknya Anda hanya perlu menggantinya dengan yang baru di tempat service terpercaya. Jangan lupa pilihlah klem selang sesuai dengan tipe dan jenis mobil Anda agar lebih cocok. Pilih juga yang cara pemasangannya mudah jika ingin mengatasinya sendiri.

Post a Comment for "Oli Power Steering! Penyebab Kebocoran, Dampak yang Ditimbulkan, dan Cara Mengatasi"