Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Mobil SUV dan MPV yang Harus Diketahui

Berbagai jenis mobil saat ini sudah hadir di Indonesia untuk memenuhi setiap kebutuhan pasar. Misalnya city car, LCGC, hatchback, sedan, crossover bahkan sampai dengan SUV dan MPV. Dua jenis mobil yang saat ini banyak dipakai yaitu SUV dan MPV dimana ini kerap sekali tertukar dan masih banyak orang yang belum tahu perbedaannya. Seperti apa perbedaan mobil SUV dan MPV?

Perbedaan Mobil SUV dan MPV yang Harus Diketahui

Mengenal Perbedaan Mobil SUV dan MPV

Di Indonesia sendiri, SUV dan MPV sudah menjadi model dengan penggemar yang cukup besar. Akna tetapi, sudahkah kamu mengetahui perbedaan mobil SUV dan MPV SUV dan MPV? Walaupun kedua nya mampu mengangkut 7 penumpang, namun terdapat beberapa faktor perbedaan seperti:

Body mobil 

Perbedaan mobil SUV dan MPV pertama langsung dapat terlihat dari body mobil. SUV ini sendiri didesain dan terlihat lebih tangguh, yang mana mempunyai ground clearance 200 milimeter karena ada ban besar dan velg berdiameter 15 inci. 

Sementara untuk mobil MPV ini lebih dirancang lebih elegan. Velg yang disematkan pun sudah berukuran standar sehingga akan pas ketika nanti dikendarai bersama keluarga.

Kapasitas penumpang 

Perbedaan mobil SUV dan MPV lainnya pun bisa dilihat dari kapasitas penumpangnya. Mobil MPV ini memang diperuntukkan sebagai kendaraan keluarga, yamg mana jelas mobil ini mampu mengangkut penumpang lebih banyak sekitar 8 orang serta mempunyai kabin lebih luas. Berbeda dengan SUV yang mana tidak dapat mengangkut penumpang sebanyak MPV. 

Kekuatan mesin 

Sebagai karakter mobil sport, SUV ini sendiri mempunyai kapasitas mesin yang cukup besar, yaitu di atas 1.500 cc. Mobil jenis ini memang cocok melewati jalanan off road. Sementara rata-rata MPV hanya dibekali mesin berkapasitas di bawah 1.500 cc. 

Bahan bakar 

Untuk masalah penggunaan bahan bakar, SUV ini pun biasanya lebih boros. Hal ini sebenarnya sangat wajar karena memang mobil ini mempunyai fitur canggih pada tiap komponennya. Penyebab lain borosnya bahan bakar ini yaitu penggunaan penggerak 4 roda. Sementara untuk MPV biasanya dirancang dengan sistem pengelolaan konsumsi bahan bakar yang akan lebih irit.

Fitur

Fitur yang dimaksud adalah fasilitas bawaan pada mobil dengan tujuan untuk memberi kenyamanan bagi pengendara dan penumpang. Biasanya mobil SUV ini akan disematkan fitur canggih dan modern. Jadi tidak heran jika harganya dibanderol mahal. 

Fitur keselamatan SUV ini pun biasanya lebih mumpuni ketimbang MPV. Hal itu bisa kamu lihat dari 4 airbag yang dimiliki. Mobil SUV juga ini pun kerap sekali menggunakan keyless system dengan tombol start-stop engine. 

Perbedaan harga 

Bicara soal harga, sebenarnya antara mobil SUV dan MPV ini mmpunyai harga yang bervariasi tergantung kategori mobil. Namun rata-rata mobil SUV ini tergolong mobil premium, jadi memang tidak heran jika harganya melambung tinggi bahkan hingga miliaran rupiah. 

Kalau mobil MPV, hanya di kisaran ratusan juta, atau jika ada yang dibanderol sampai miliaran, tentu sudah tersedia berbagai fasilitas kelas premium di dalamnya demi kenyamanan ekstra. 

Intinya adalah, dari berbagai perbedaan di atas jika ditanaya mana yang lebih baik pilih mobil SUV atau MPV? Jawaban dari pertanyaan itu adalah semuanya tergantung preferensi masing-masing pengguna. Baik itu SUV dan MPV saat ini memang sangat pas digunakan untuk kegiatan setiap harinya. 

Post a Comment for "Perbedaan Mobil SUV dan MPV yang Harus Diketahui"