Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Crumpel Zone yang Menjadikan Mobil Modern Seperti Kaleng Krupuk Jika Adu Banteng

Sebuah unggahan memperlihatkan mobil Low SUV yang sekilas mirib Toyota Rush mengalami kerusakan parah di bagian depan akibat bertabrakan adu banteng dengan sepeda motor bebek tepatnya dengan Honda Supra. Banyak netizen yang berkomentar jika biaya kerusakan mobil lebih besar daripada kerusakan motor. 

Mengenal Crumpel Zone yang Menjadikan Mobil Modern Seperti Kaleng Krupuk Jika Adu Banteng

Selain itu ada juga yang berkomentar jika itu merupakan Crumple Zone. Lantas apa itu Crumple Zone? 

Sekilas Tentang Crumple Zone

Terlihat buruknya kualitas mobil saat ini yang menyebabkan menyebabkan mobil mudah hancur pada bagian depan, hal ini akibat adanya teknologi crumple zone atau sering disebut dengan istilah impact zone. Namun banyak pemilik mobil yang tidak paham bahwa bagian depan mobilnya lebih mudah remuk saat terjadi benturan, betapapun ringannya.

Crumple Zone atau zona benturan adalah fitur keselamatan struktural baru yang telah banyak diterapkan di berbagai jenis mobil. Penerapan crumple zone untuk membantu menyerap energi dari dampak tumbukan yang mengontrol deformasi.

Secara umum deformasi adalah perubahan yang terjadi pada bentuk atau desain bodi mobil. Misalnya, perubahan muncul dari bentuk mobil yang mulus menjadi ringsek.

Crumple zone biasanya berada di bagian depan dan belakang mobil. Di bagian depan, crumple zone lokasi berada di bagian ujung depan mobil bahkan hingga ke ruang kabin. 

Teknologi crumple zone pertama kali digunakan atau diperkenalkan oleh Béla Barényi, dan penerapannya dilakukan pada Mercedes-Benz Fintail pada tahun 1959. Ide crumple zone juga diterapkan pada kereta api dan paling sering pada kereta api yang mengangkut penumpang

Fungsi Crumple Zone

Jika sebuah mobil dikendarai pada kecepatan tinggi dan berhenti tiba-tiba, maka mobil menjadi seperti dinding yang kokoh. Tubuh penumpang akan terus mengikuti arah gerakan mobil. Saat terjadi benturan, jika bagian depan mobil terlalu keras maka energi akan tersalurkan ke dalam kabin mobil. Hal ini akan membahayakan penumpang dalam kabin

Crumple Zone berfungsi melindungi ruang kabin agar tidak mudah rusak saat terjadi benturan. Selain itu,  Crumple zone dapat membantu mendistribusikan dan menyerap energi jika terjadi benturan sebelum benturan mencapai ruang kabin sehingga energi benturan menjadi berkuranh

Saat terjadi tabrakan, bagian depan mobil akan lebih murah remuk atau berkerut untuk mengurangi aliran energi kinetik saat terjadi tabrakan. Hal ini akan membuat penumpang di area kabin lebih aman dari kecelakaan. Penyerapan energi akan dilakukan secara otomatis dan fleksibel.

Cara Kerja Crumple Zone

Mobil yang telah menerapkan teknologi crumple zone akan memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi karena dapat menjadi peredam saat terjadi kecelakaan. Semua benturan keras yang terjadi akan diterima dan akan terserap di crumple zone.

Dengan bantuan teknologi crumple zone, penumpang di dalam kabin akan lebih aman. Saat terjadi kecelakaan, bagian luar mobil akan terlihat sangat rusak. Meski begitu, kabin mobil akan tetap dalam kondisi baik atau utuh.

Tabrakan yang paling umum adalah tabrakan dengan kendaraan lain, tetapi tabrakan juga dapat terjadi dengan benda diam. Misalnya, mobil bisa saja menabrak tiang listrik, dinding gedung, dan lain-lain.

Titik di mana mobil menabrak dan dilindungi oleh crumple zone akan melengkung. Namun, bentuknya akan rusak karena dimaksudkan untuk menghentikan energi benturan, yang akan menjaga mobil tetap aman bagi penumpangnya

Jika mobil Anda penyok atau ringsek saat terjadi tabrakan.  Anda  mungkin langsung berpikir buruk tentang pabrikan mobil. Namun sebenarnya hal itu dibuat sengaja oleh pabrikan guna meningkatkan keamanan mobil itu sendiri. Saat ini hampir semua produsen mobil telah menerapkan teknologi crumple zone untuk meningkatkan keamanan sebuah mobil.

Kecelakaan bisa menimpa siapa saja dan bisa terjadi dimana saja. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati saat berkendara dan menghindari hal-hal yang tidak perlu saat berkendara untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan.


Post a Comment for "Mengenal Crumpel Zone yang Menjadikan Mobil Modern Seperti Kaleng Krupuk Jika Adu Banteng"