Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Ciri-Ciri Mobil Perlu di Spooring dan Balancing

Spooring balancing merupakan sebuah kegiatan mengembalikan kondisi mobil agar tetap stabil ketika digunakan. Para pemilik mobil harus rajin dalam melakukan hal ini secara rutin Jangan sampai Anda telat untuk melakukannya karena dapat membuat mobil tidak bisa berfungsi dengan baik dan maksimal.

3 Ciri-Ciri Mobil Perlu di Spooring dan Balancing

Lantas kapan Anda perlu melakukan spooring terhadap mobil Anda sendiri? Hal ini memang harus dilakukan ketika beberapa tandanya sudah mulai muncul. Disini perlu Anda diketahui bahwa ada beberapa ciri mobil perlu untuk di spooring. Untuk lebih detailnya, silahkan Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini.

Fungsi Melakukan Spooring Pada Mobil

Spooring merupakan sebuah kegiatan untuk menyeimbangkan lagi bagian mobil yang mengalami ketidakstabilan. Setelah selesai melakukan proses spooring biasanya akan dilanjut dengan proses balancing.

Tujuan perlu dilakukan spooring agar bagian mobil lebih khususnya roda kanan serta roda kiri bisa selaras.

Ciri Mobil yang Perlu di Lakukan Spooring dan Balancing

Mobil haruslah tetap stabil pada saat dikendarai. Nah, untuk dapat menjaga kestabilan mobil tersebut, Anda harus rutin dalam melakukan spooring ataupun balancing. Selain itu, penting juga untuk dapat mengetahui ciri-ciri kapan mobil membutuhkannya, sebagaimana akan disampaikan dibawah ini. 

1. Setir Mobil Bergerak Sendiri

Untuk dapat melihat hal ini, Anda bisa mencobanya dengan cara mengendarai mobil dengan kecepatan rendah. Pada saat mobil Anda berada di kecepatan 40 sampai 50 KPJ, lalu bagian setirnya terjadi gerak sendiri baik itu ke kanan atau ke kiri, maka itu merupakan salah satu tanda perlu dilakukannya spooring pada mobil Anda.

Kenapa harus melihatnya pada bagian setir? Hal ini dikarenakan setir berhubungan langsung dengan roda mobil. Kemana setir akan dibelokkan maka roda juga akan mengikutinya. Maka dari itu, Jika Anda mengendarai mobil dan setirnya mengalami tidak searah dengan roda, maka hal ini tandanya bahwa mobil butuh di spooring agar stabil kembali.

2. Getaran Pada Saat Ban Melaju

Ciri selanjutnya yang menandakan bahwa Anda perlu melakukan spooring pada mobil adalah, pada saat melaju muncul getaran dari roda. Biasanya, getaran ini muncul hingga dapat dirasakan ke dalam kabin. Getaran ini akan semakin terasa jika Anda menaikkan kecepatan mobil seperti menjadi 100 km/jam.

Ketika keempat ban sudah melaju, akan muncul ketidakseimbangan antara bagian kanan dengan kiri. Selain perlu dilakukan spooring, perlu juga dilakukan balancing untuk dapat menyeimbangkan bagian kanan dan kiri agar mobil bisa bergerak secara stabil. Mesin balancing juga berguna untuk mengetahui bang mana yang kurang seimbang.

3. Kaki Mobil Bermasalah

Bagian kaki mobil merupakan komponen terluar dari kendaraan yang amat begitu penting serta langsung bersentuhan dengan tanah. Kaki-kaki mobil ini adalah hal yang paling menentukan apakah mobil Anda dapat berjalan dengan baik atau tidak.

Oleh sebab itu, hal yang memang harus Anda lakukan adalah dengan cara rutin untuk melakukan pengecekan dan perawatan. Lakukanlah pengecekan terhadap mobil Anda selama 3 bulan sekali untuk melihat kondisi kaki mobil baik atau tidaknya.

Jika kaki mobil yang berada dalam kondisi baik akan menghasilkan kenyamanan pada saat berkendara. Begitu juga sebaliknya, jika kondisi mobil berada pada kondisi yang kurang baik, salah satunya mobil akan mengalami terguncang.

Jika hal buruk ini terjadi pada mobil Anda, maka yang harus Anda lakukan adalah membawanya ke bengkel untuk segera dilakukan spooring dan balancing. Jangan sampai Anda membiarkan begitu saja kaki mobil dalam keadaan buruk karena hal ini akan menimbulkan masalah yang lebih serius.

Post a Comment for " 3 Ciri-Ciri Mobil Perlu di Spooring dan Balancing"