Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Penyebab Utama Mobil Matic Nyentak dan Cara Mengatasinya

Mobil yang mengalami nyentak ketika dinyalakan tidak hanya terjadi pada mobil manual. Anda yang memiliki mobil matik perlu waspada jika gejala seperti nyentak mulai muncul. 

Kenapa mobil matic nyentak bisa terjadi? Apakah jika mobil matic terasa menyentak ada komponen yang rusak dan harus segera diperbaiki? Berapa biaya untuk mempernaikinya? Anda mungkin sudah khawatir serta akan muncul pertanyaan-pertanyaan ini. 

3 Penyebab Utama Mobil Matic Nyentak dan Cara Mengatasinya

Tidak perlu khawatir, karena masih ada beberapa penyebab mobil matic nyentak dan rata-rata semuanya dapat diatasi. Anda hanya perlu tahu terlebih dahulu apa sumber penyebabnya. 

Penyebab Mobil Matic Nyentak dan Cara Mengatasinya

Tidak selamanya mobil matic yang mengalami nyentak disebabkan oleh komponen-komponen penting mesin yang rusak parah. Anda juga tidak perlu khawatir bahwa harus mengeluarkan uang banyak untuk dapat penggantian komponen yang rusak tersebut. 

Penyebab terjadinya mobil matic nyentak bisa saja dikarenakan hal sepele yang ternyata hanya membutuhkan sedikit perbaikan saja. Perlu Anda ingat bahwa akan lebih baik jika membawa mobil ke bengkel resmi terdekat Anda agar pemeriksaan penyebabnya bisa dilakukan dengan lebih teliti. 

Sebagai pengetahuan umum untuk Anda selaku pemilik kendaraan, berikut ini beberapa penyebab yang dapat membuat mobil matic kesayangan Anda menyentak serta bagaimana cara mengatasinya. 

1. AT Solenoid Mengalami Masalah atau Kerusakan 

Transmisi mobil matic sangat membutuhkan oli agar dapat bekerja dengan baik. Agar jumlah oli yang masuk ke transmisi dengan takaran yang tepat, maka diperlukan yang namanya AT Solenoid. Komponen ini berfungsi untuk mengaktifkan clutch dan brake pada transmisi. 

Fungsi AT Solenoid tersebut bisa bekerja jika aliran oli sudah diatur sesuai dengan waktu yang pas sehingga lebih presisi. AT Solenoid bekerja dengan menggunakan sistem elektrik yang mengikuti apa yang diperintahkan Transmission Control Module atau lebih dikenal TCM. 

Jika komponen AT Solenoid ini terjadi kerusakan, maka yang akan terjadi oli tidak bisa mengalir. Sehingga dapat mengakibatkan clutch dan brake menjadi tidak aktif, sehingga akan menimbulkan efek  mobil terasa menyentak. Jika AT Solenoid ini mengalami rusak total, maka yang perlu Anda lakukan adalah harus menggantinya. 

Apabila hal tersebut hanya kotor saja, maka cara mengatasinya adalah dengan cara membersihkannya. Tentu saja biaya pembersihan akan jauh lebih murah ketimbang Anda harus menggantinya. 

2. Oli Transmisi Kotor

Hal yang menyebabkan mobil matic nyentak selanjutnya adalah yang sering terjadi, bisa diakibatkan karena Anda jarang service kendaraan secara berkala dan rutin. Transmisi sangat membutuhkan oli agar komponen didalamnya menjadi awet dan tetap bersih. 

Sama dengan oli mesin, oli transmisi juga mempunyai masa pakai di mana jika oli sudah kotor maka performanya pun juga akan menurun. Dengan ganti oli transmisi secara rutin, hal ini akan berfungsi untuk sistem hidrolik yang berhubungan dengan kontrol perpindahan gigi menjadi lebih awet dan tidak ada lagi masalah nyentak. 

Jika oli ini sudah sangat kotor, maka Anda pertama yang akan rasakan adalah perpindahan gigi terasa kasar, berat, dan yang paling parah adalah mobil nyentak. Jika penyebab ini dibiarkan saja secara terus menerus maka akan mengakibatkan rusaknya komponen yang lain. 

Cara mengatasinya cukup mudah, Anda cukup mengganti oli secara rutin berdasarkan panduan atau arahan dari pihak bengkel. Hal ini memang sangat perlu dilakukan agar mobil maticmu awet dan terhindar dari gejala nyentak

3. Setelan Kabel Accelerator Kickdown Keliru

Apakah Anda memakai mobil matic yang versi lama? Jika jawaban Anda iya, sebaiknya cek terlebih dahulu pada bagian kabel accelerator kickdown. Kabel ini ada pada bagian throttle valve yang satu bagian sama kabel accelerator pedal gas. 

Jika terjadi kesalahan dalam menyetel kabel accelerator kickdown ini maka akan membuat mobil matic Anda menyentak. Memang tidak mudah untuk dapat menyetel kabel ini, sehingga perlu dilakukan oleh teknisi yang sudah profesional. 

Solusi untuk mengatasi mobil nyentak akibat kesalahan dalam menyetel kabel accelerator Anda cukup dengan mengecek kemudian menyetel ulang kembali kabel agar kondisi mobil matic kembali normal. Hanya saja penyebab mobil matic nyentak karena kabel ini tidak akan Anda temukan pada mobil-mobil keluaran baru, hal ini dikarenakan mobil yang versi baru minim penggunaan kabel.

Post a Comment for " 3 Penyebab Utama Mobil Matic Nyentak dan Cara Mengatasinya"