Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mesin Mobil Anda Cepat Panas? Mungkin Overheating penyebabnya!

Seperti yang kita ketahui bahwa sebuah mesin mobil pasti memiliki sistem pendingin yang menyebabkan mesin menjadi terlalu panas. Banyak sekali faktor yang menjadi pemicu mesin menjadi overheating.

Mesin Mobil Anda Cepat Panas? Mungkin Overheating penyebabnya!

Jalanan di kota-kota besar yang penuh dengan kendaraan hingga  kemacetan yang terjadi, umumnya memaksa mesin bekerja terlalu lama sehingga menjadi panas. Sering sekali kita perhatikan di pinggir-pinggir jalan biasa maupun jalan tol, mobil yang dalam keadaan mogok, membuka kapnya.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi panas yang ada pada mesin mobil tersebut. Jika indikator pada dashboard mesin mobil sudah menunjukkan bahwa mesin dalam keadaan overheating, memang sebaiknya laju mobil dihentikan terlebih dahulu.

Untuk menghindari mesin dalam keadaan overheating, Anda harus mengetahui dulu penyebab dari keadaaan mesin yang terlalu panas ini.

Penyebab Mesin Overheating dan cara mengatasinya

Ada beberapa penyebab utama dari mesin mobil yang terlalu panas. Penyebab-Penyebab mesin overheating adalah sebagai berikut :

Radiator 

Radiator merupakan komponen penting dalam mesin mobil. Salah satu penyebab mesin overheating. Salah satu komponen yang ada dalam radiator mobil adalah kipas radiator. Jika kipas tidak berfungsi ataupun rusak total, maka dapat menyebabkan mesin menjadi overheat.

Selain itu air radiator juga bisa menjadi penyebab dari panasnya mesin radiator. Air radiator sendiri memiliki harus disesuaikan dengan jenis mobil Anda. Biasanya orang menggunakan air radiator dengan air biasa. Sebaiknya hal ini dihindari, karena air radiator khusus mempunyai efek coolant atau pendingin yang baik untuk mesin.

Anda juga harus memastikan bahwa selang-selang radiator tidak mengalami penyumbatan untuk menghindari keadaan mesin yang terlalu panas nantinya.

Oli Mesin

Oli mesin juga bisa menjadi penyebab mesin menjadi overheating. Mengapa demikian? Karena oli mesin berfungsi menjadi pelumas ketika mesin bekerja. Gesekan pada komponen mesin yang ada membuat mesin menjadi panas. Jika oli mesin bekerja dengan baik, keadaan overheating yang kerap terjadi di mesin pun bisa dihindari.

Seperti layaknya air radiator, penggunaan oli mesin pun harus disesuaikan dengan jenis mobil Anda. Oli dengan bahan dasar sintetik lebih direkomendasikan karena memiliki kekentalan yang lebih presistensi dibanding oli mesin biasa. Sehingga bisa mencegah naiknya suhu pada mesin.

Thermostat

Thermostat sendiri berfungsi untuk menjaga suhu mesin tetap normal. Jika thermostat mengalami kerusakan, bisa dikatakan bahwa ini menjadi salah satu penyebab mesin mobil Anda menjadi overheating atau terlalu panas.

Kompresor

Kompresor pada mesin mobil mempunyai fungsi untuk menjalankan sistem air conditioning atau yang kita kenal dengan AC di mobil Anda. jika kompresor pada mobil Anda rusak, hal ini akan mengakibatkan overheating pada kendaraan Anda.

Bahan bakar yang tidak sesuai

Bahan bakar yang tidak sesuai dengan jenis mobil juga akan menyebabkan mesin mobil menjadi cepat panas. Bahan bakar yang berkualitas rendah mengandung oktan yang relatif rendah juga. Lama kelamaan penggunaan bahan bakar dengan oktan yang rendah akan merusak mesin mobil Anda.

Gunakanlah bahan bakar yang sesuai dengan yang direkomendasikan untuk mobil Anda. selain menjaga mesin dari keadaan overheating, bahan bakar yang sesuai akan membuat mobil Anda tampil dalam keadaan prima.

Ada banyak penyebab mesin mobil Anda cepat panas atau overheating. Jika memang hal ini Anda alami dalam situasi darurat. Membuka kap mobil adalah cara paling mudah dan cepat untuk mengurangi panas dalam mesin.

Tetapi yang paling penting, Anda harus melakukan perawatan mesin mobil secara berkala untuk menghindari keadaan ini.


Post a Comment for "Mesin Mobil Anda Cepat Panas? Mungkin Overheating penyebabnya!"