Sunday, July 24, 2016

Setelah Mazda, Proton Juga Punya Ertiga

Proton yang merupakan pabrikan mobil asal Malaysia kini dikabarkan tengah berkolaborasi dengan Suzuki. Proton resmi menjadi pemegang merek yang memasarkan Ertiga di Malaysia. Ertiga versi Proton ini, akan diluncurkan pada bulan Oktober 2016 mendatang. Meski Suzuki tidak lagi beroperasi di Malaysia, namun Suzuki masih tetap menjalankan bisnisnya dengan ikut mengembangkan Proton. Proton merupakan merek mobil nasional Malaysia. Proton bukanlah satu-satunya pabrikan yang ikut memproduksi Ertiga, sebelumnya Mazda telah lebih dahulu membuat kembaran Ertiga yang diberi nama VX-1.

[Baca: Perbedaan Mencolok New Ertiga dengan New Mazda VX-1]

Proton ertiga
Sumber: paultan.org

Versi rebadge Suzuki Ertiga ini akan didatangkan ke Negeri Jiran dengan menggunakan sistem CKD (Completely Knocked-Down). PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), sebagai pemegang merek Suzuki di Indonesia menjadi produsen komponen Ertiga. Produksi ini dilakukan di pabrik Cikarang, Jawa Barat.

Mengenai perbedaan Ertiga versi Proton dengan versi Suzuki belum jelas. Namun tentu saja perbedaan yang sudah bisa ditebak adalah perbedaan emblem baik yang terpasang di eksterior maupun interior. Begitu juga dengan nama produknya belum ada yang mengetahui. Apakah namanya mnggunakan Ertiga atau nama lain seperti Mazda VX-1 Sama seperti versi Indonesia, Proton versi Ertiga dikabarkan akan menggunakan mesin 1,4 liter yang hasilkan tenaga 90 Tk dan torsi 130 Nm. Untuk bagian interior juga mempertahankan tujuh kursi penumpang. MPV Suzuki ini menjadi model perdana yang diluncurkan aliansi Proton-Suzuki.

Mengenai kapasitas produksi Proton versi Ertiga ini, direncanakan sebanyak 1.500 unit per bulan, atau sebanyak 18.000 unit dalam satu tahun. Selain Malaysia, Suzuki Indonesia sudah terlebih dahulu mengekspor Ertiga ke beberapa negara seperti Filipina, Thailand, Vietnam, dan Brunei namun dalam kondisi utuh (completely built up/CBU). Rata-rata jumlah ekspor Ertiga ke empat negara itu adalah 400 unit per bulan.