Monday, December 25, 2017

Kenalkan Ezzy II Mobil Lisrik Karya Anak Bangsa

Mimpi-mimpi bangsa ini, mulai dikawal oleh para generasi muda. Bukan hanya terfokus akan hiruk pikuk dunia perpolitikan yang sudah seperti dagelan saja. Anak muda Indonesia ternyata masih ada yang terpacu untuk berdikari dalam dunia industri otomotif. Setelah beberapa karya anak bangsa tumbang dan tidak jelas nasibnya, kini muncul lagi secercah harapan untuk menggapai mimpi berdikari dalam bidang industri otomotif. Selain munculnya Esemka sekarang muncul lagi mobil yang diberi nama Ezzy II.
Kenalkan Ezzy II Mobil Lisrik Karya Anak Bangsa
Sumber : Kompas

Ezzy II merupakan mobil hasil karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Mobil ini merupakan mobil bertenaga listrik. Tak tanggung-tanggung presiden Jokowi pun sudah mencoba mobil ini saat peresmian jalan tol Surabaya-Mojokerto, Selasa (19/12/2017).

Mobil listrik tersebut merupakan buah karya anak bangsa, yang dikembangkan mahasiswa Insitut Teknologi Sepuluh Nopember 2017. Berbalut cat merah, mobil listrik Ezzy II menggunakan tenaga baterai sebesar 20 kWh, dengan kemampuan jelajah 130 kilometer.  Kecepatan maksimal mobil ini diklaim mampu mencapai 150 kilometer per jam.

Presiden ketujuh Republik Indonesia tersebut mengapresiasi kendaraan listrik ITS tersebut. Dari komentar yang diunggah akun Kantor Staf Presiden, Joko Widodo menyebut kalau Ezzy II terbilang nyaman. “Kalau saya enak-enak saja, sebagai sebuah produk baru awal,” tutur nya. Dukungan presiden Jokowi dilanjutkan dengan menginstruksikan jajaranya mengebut Peraturan Presiden tentang Program Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Untuk Transportasi Jalan, sebagai kelanjutan dari Perpres nomor 22 tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional (RUEN).

Menurut Direktur Pusat Unggulan Iptek Sistem dan Kontrol Otomotif ITS, Muhammad Nur Yuniarto Ezzy II mulai dikembangkan sejak 2013 dan masih berlanjut hingga saat ini. Total ada tiga unit kendaraan listrik yang kini dikembangkan oleh ITS. Selain Ezzy II, dua kendaraan lainnya adalah Ezzy I dan bus listrik.

Mari kita tunggu saja dan beri dukungan produk anak negeri. Memang tidak mudah mengingat negara lain pun butuh waktu puluhan tahun mengembangkan teknologi mobil listrik hingga sekarang,