https://lokergurubali.blogspot.com/ Cara Merawat Cat Mobil Agar Tidak Cepat Pudar - mobil keren.com

Cara Merawat Cat Mobil Agar Tidak Cepat Pudar

Memiliki sebuah kendaraan pribadi merupakan suatu hal yang membanggakan bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia ini terutama bagi masyarakat yang tinggal di kota-kota besar. Dengan kebutuhan dan tingkat mobilitas yang relatif tinggi membuat orang-orang memilih untuk memiliki kendaraan pribadi agar lebih mudah dan cepat sampai ke tujuan. Walau masih banyak masyarakat yang memilih motor sebagai kendaraan pribadinya, tidak sedikit juga masyarakat yang memilih untuk menggunakan mobil karena beberapa alasan tertentu, salah satunya agar lebih nyaman. Dan apabila berbicara soal mobil, tentu anda berupaya agar mobil anda tetap terawat dengan baik dalam berbagai aspek. Semisal, anda sering melakukan service rutin di bengkel resmi sesuai dengan pabrikan kendaraan anda tiap beberapa bulan sekali atau tiap kilometer tertentu agar mesin mobil anda tetap terawat dan juga terjaga kesehatannya. Atau anda sering mencucinya dan melakukan pembersihan interior mobil anda agar tidak terdapat jamur serta kotoran yang dapat mengganggu kenyamanan berkendara anda.
Cara Merawat Cat Mobil Agar Tidak Cepat Pudar

Namun, bagaimana cara anda agar mobil anda tetap terlihat baru? Agar cat mobil anda tidak terlihat kusam dan terus mengkilap selama anda menggunakannya? Tidak semua orang tahu bahwa hanya dengan sering mencuci mobil anda ketika kotor itu tidak membuat mobil anda akan tetap mengkilap. Bahkan apabila tidak dilakukan dengan benar, mencuci mobil dapat membuat cat mobil anda akan terlihat kusam. Lantas bagaimana cara agar cat mobil anda tetap terawat dengan baik dan mengkilap terus seperti baru?  Berikut cara merawat cat mobil agar tidak cepat pudar.

1. Jagalah Mobil Dari Cuaca Yang Ekstrim

Eksterior mobil tentu menjadi yang paling rawan apabila terjadi cuaca ekstrim di daerah anda. Cat mobil anda yang tadinya terlihat mengkilap akan terkikis lama kelamaan apabila mobil anda sering diterpa cuaca ekstrim baik itu panas ataupun hujan. Tipsnya adalah usahakan agar mobil anda terparkir dibawah pohon atau di dalam gedung agar terhindar dari cuaca ekstrim panas, jangan biarkan  mobil anda terpanggang dibawah matahari terlalu lama karena itu akan merusak cat mobil anda. Dan juga apabila mobil anda terkena hujan, jangan biarkan air hujan itu terlalu lama di mobil anda. Siram mobil anda denga air bersih dan lap hingga kering. Air hujan yang terlalu lama menempel di cat mobil akan merusak lapisan cat dan juga dapat menyebabkan karat. Usahakan juga agar mobil anda tidak terkena embun di pagi hari, karena embun juga dapat merusak cat mobil anda. Gunakanlah cover mobil agar menghindari hal-hal tersebut.

2. Mencuci Mobil Secara Teratur

Cucilah mobil anda secara teratur dengan menggunakan sampo khusus untuk mobil. Jangan menggunakan detergen apalagi sabun biasa. Karena pada detergen terdapat bahan kimia yang dapat merusak lapisan cat mobil anda. Dengan menggunakan sampo khusus untuk mobil, hal tersebut akan dapat terhindari karena bahan-bahan yang terkandung oleh sampo khusus mobil tersebut merawat cat mobil anda dan membuat kilapnya tetap seperti baru. Biasakan juga mencuci mobil dengan jadwal yang rutin, misalnya seminggu sekali. Atau dapat dilakukan lebih apabila mobil anda terlihat kotor. Karena kotoran yang menempel di mobil dan dibiarkan terus menerus, lama kelamaan akan sulit dibuang dan bisa-bisa merusak cat mobil anda. Jangan lupa pula untuk segera mengeringkan mobil anda ketika sudah selesai dicuci. Jangan biarkan air terlalu lama membasahi bodi mobil anda, karena hal tersebut akan membekas di bodi mobil anda dan akan sulit dibersihkan

3. Perhatikan Bahan Lap Anda

Setelah masalah cuci mencuci selesai, yang perlu anda perhatikan selanjutnya adalah lap yang anda gunakan untuk mengeringkan bodi mobil anda. Pilihlah dari bahan kanebo yang berkualitas atau dari bahan kulit, karena kedua bahan tersebut dapat membuat air terserap lebih cepat dibandingkan bahan lain. Hindari juga lap dengan menggunakan kain bahan katun, karena bahan katun seringkali menyimpan partikel-partikel kecil debu yang dapat menggores bodi mobil anda apabila anda tidak waspada.

4. Berikan Obat Poles dan Wax

Ada baiknya apabila anda setelah mencuci bersih dan mengeringkan mobil anda, anda menggunakan perawatan ekstra untuk mobil anda. Salah satunya dengan menggunakan menggunakan obat poles dan wax pada mobil. Caranya cukup mudah, cukup siapkan wax, obat poles, busa, dank ain katun yang lembut. Lalu setelah semua terkumpul, berikan obat poles pada busa kemudian gosokkan bagian demi bagian mobil dengan cara memutar. Tunggu sekitar 10 menit agar kering, lalu lap dengan kain. Lakukan ini secara berulang hingga seluruh permukaan bodi mobil terkena obat poles tersebut. Setelah selesai, yang dapat anda lakukan adalah waxing. Waxing berguna agar cat mobil anda terlihat seperti baru lagi. Caranya pun cukup mudah. Lakukan seperti anda ketika menggunakan obat poles, ratakan wax tersebut ke semua bagian mobil. Lalu apabila sudah, lap kembali dengan kain katun. Hal ini dapat anda lakukan sendiri atau anda dapat pergi ke bengkel tertentu yang menyediakan jasa wax apabila anda ragu untuk melakukannya sendiri.

5. Kompon Bodi Mobil

Cara keempat dalam merawat cat mobil anda adalah dengan mengkompon bodi mobil. Komponlah bodi mobil anda pada bagian-bagian yang memang memerlukannya, yaitu di bagian yang terkena goresan atau kotoran. Komponlah bagian tersebut agar bersih dan tidak terlihat lagi kotoran yang menempela ataupun goresan pada bodi mobil anda. Lalu, gunakanlah jasa kompon mobil yang berkualitas apabila anda tidak berani melakukannya sendiri. Karena apabila anda salah melakukannya, hal tersebut akan merusak cat bodi mobil anda.

6. Jangan Menutupi Mobil Dengan Cover Mobil Dalam Keadaan Basah

Mungkin bagi sebagian besar dari anda pernah melakukannya, menutupi mobil anda ketika mobil anda sedang basah akibat guyuran hujan pada malam harinya dan ditutup dengan cover karena anda ingin pergi keluar kota. Jangan lakukan itu lagi, karena hawa lembab yang disebabkan oleh bodi mobil yang basah dan tertutupnya mobil dengan cover mobil tersebut dapat merusak cat mobil menjadi terlihat kusam dan kurang mengkilap. Biasakan untuk segera dikeringkan dengan lap agar bodi mobil anda juga tidak cepat rusak.

Demikian sedikit tips mengenai bagaimana cara merawat cat mobil anda agar tidak mudah rusak dan kusam. Sebagian besar orang masing tidak sadar bahwa dengan melakukan hal-hal sederhana diatas dapat menjaga agar kondisi mobil anda tetap mengkilap seperti baru. Dan juga sering melakukan hal-hal yang terlihat sederhana tapi ternyata dapat berdampak buruk dan akan merugikan anda kelak apabila cat mobil anda rusak. Informasi diatas dapat dilakukan dengan mudah dan jelas lebih hemat biaya dibandingkan harus mengecat ulang mobil anda apabila mobil anda sudah terlanjur rusak catnya. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

0 Response to "Cara Merawat Cat Mobil Agar Tidak Cepat Pudar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel