Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tips Merawat Mobil Agar Tidak Cepat Rusak

Menggunakan transfortasi umum terkadang ada pula keterbatasannya. Memilih kendaraan pribadi, sepertinya lebih nyaman dan sangat efektif untuk menempuh jarak yang terbilang cukup jauh. Mobil menjadi pilihan utama karena mampu memobilisasi orang dalam jumlah banyak. Tapi Anda perlu tahu tips merawat mobil agar tidak cepat rusak.
6 Tips Merawat Mobil Agar Tidak Cepat Rusak

Mobil yang tidak dirawat dengan baik, pastinya tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Apa saja yang harus dilakukan dalam merawat mobil? Berikut ini kami akan berikan tipsnya untuk Anda.

1. Pergantian Oli Mesin Secara Rutin dan Teratur
Tips merawat mobil agar tidak cepat rusak yang pertama adalah mengganti oli mesin secara rutin dan teratur. Hal ini sangat berpengaruh besar terhadap daya pacu kendaraan, sehingga Anda perlu memperhatikan kondisi oli mobil setiap bulannya.
Atau bisa juga Anda memperhatikan jarak yang ditempuh. Dalam setiap 5000 Km, Anda disarankan mengganti oli mesin mobil. Tetapi itu bukan menjadi patokan yang pokok, bisa juga berubah-ubah dan bervariasi tergantung pemakaian jenis oli mesin yang digunakan. Untuk menghindari risiko mesin mobil rusak akibat kebocoran oli atau oli sudah terlalu kotor, sebaiknya dilakukan pengecekan setiap 3 kali sehari.

2. Selalu Rutin Mengikuti Jadwal Service
Biasanya mengganti oli mesin mobil, itu diluar jadwal service. Jadi, penting sekali untuk selalu rutin mengikuti jadwal service yang telah Anda tentukan sendiri.
Mengapa perlu service mobil? Karena, agar kendaraan bisa tetap nyaman saat dioperasikan. Selain itu, dengan rutin melakukan service, maka kondisi mesin dan semua komponen di dalamnya akan tetap terjaga dengan baik dan mobil pun tidak akan cepat rusak.

3. Mencuci Mobil Hingga ke Seluruh Bagian 
Saat mencuci mobil biasanya tidak sampai pada bagian kolong bawahnya, padahal yang paling banyak kotoran menempel ya di bagian tersebut. Sebaiknya Anda mencuci mobil di tempat khusus cuci steam mobil, biasanya semua bagian mobil akan dicuci hingga bagian kolong bawahnya.
Selain kolong bawah mobil, bagian dalam mobil juga harus dibersihkan sampai pada sela-sela terkecil. Dengan mencuci mobil hingga ke seluruh bagian permukaan sampai bersih, kondisinya akan tetap terawat dengan baik dan tidak akan cepat rusak.

4. Selalu Memeriksa Tekanan Angin pada Ban
Tips selanjutnya adalah memeriksa tekanan angin pada ban. Hal ini sangat penting, karena dapat menjaga kondisi velg, menghindari tegangan pada suspensi  dan bantalan mobil. Selain itu, tekanan angin yang tidak sesuai dapat menyebabkan risiko buruk pada keselamatan berkendara.
Untuk alasan inilah, sangat penting untuk selalu memeriksa tekanan angin pada ban, minimal satu minggu sekali. Kemudian, isilah dengan tekanan angin yang benar dan sesuai, sehingga saat berkendara menjadi lebih nyaman.

5. Selalu Waspada Saat Berkendara
Kondisi jalanan yang macet, cuaca ekstrim, beban mobil penuh, dan target perjalanan harus cepat sampai, menjadikan alasan tersebut mengemudi secara ugal-ugalan. Jika Anda tidak waspada saat berkendara bahkan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, selain membahayakan keselamatan, juga mesin akan sering menghentak.
Hal inilah yang menjadi pengaruh besar pada kondisi mesin mobil. Sebaiknya Anda selalu waspada saat berkendara dan menghindari aggressive driving.

6. Mobil Tidak Dibiarkan Begitu Saja dan Disimpan Terlalu Lama
Untuk tips merawat mobil agar tidak cepat rusak yang terakhir adalah mobil tidak dibiarkan begitu saja bahkan disimpan terlalu lama. Apalagi menyimpan mobil di garasi dengan kondisinya yang masih basah. Hal ini dapat mengakibatkan konsleting pada arus listrik mobil.
Sebaiknya saat ditinggal pergi, mobil harus sudah benar-benar kering dan usahakan mencopot kabel yang terhubung dengan aki. Hal ini dilakukan agar daya yang dimiliki aki tidak terbuang sia-sia. Selanjutnya, jangan pula dibiarkan begitu saja, tutuplah mobil dengan cover balon khusus.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan untuk Anda. Selain tips merawat mobil agar tidak cepat rusak, Anda juga bisa membaca artikel kami yang lainnya. Temukan informasi penting dalam dunia otomotif yang Anda butuhkan hanya di mobilkeren.com.

Post a Comment for "6 Tips Merawat Mobil Agar Tidak Cepat Rusak"