Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil Tanpa Harus Ke Bengkel

Cuaca saat ini sangat sulit diprediksi, panas dan hujan terus-menerus saling bertukar; ketika panas menerpa pagi, tiba-tiba dapat berubah menjadi hujan saat siang dan kembali panas terik menjelang malam. Kadang-kadang bahkan bisa hujan saat matahari berada di puncaknya. Cuaca ini dapat mempengaruhi kondisi kendaraan, seperti kaca depan yang terkena hujan berpotensi berjamur jika tidak dibersihkan.

Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil Tanpa Harus Ke Bengkel

Kaca depan merupakan komponen penting karena memberikan visibilitas dalam berkendara, jika ada noda atau jamur pada kaca depan tentu akan mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Tentu jamur pada kaca mobil tidak ada yang menginginkannya. Namun kehadirannya bisa dibilang tanpa bisa kita sadari, tiba-tiba saja ia muncul dan mengganggu penglihatan di kala mengemudi malam hari.

Berikut ini merupakan penyebab munculnya jamur pada kaca mobil dan cara mencegah atau menghilangkanya

Penyebab Munculnya Jamur Pada Kaca Mobil

Jamur dapat ditemukan pada kendaraan yang terabaikan atau yang ditinggalkan di lingkungan yang lembab. Selain itu, jamur juga dapat ditemukan pada mobil yang terkena namun tidak dibesrihkan atau segera dikeringkan atau dibiarkan begitu saja.

Jamur kaca timbul akibat sisa air yang dibiarkan mengering karena panas atau dibiarkan begitu saja. Contohnya saat cuci mobil, air bekas bilasan yang tidak tersapu oleh lap dan berdiam di permukaan kaca bisa mengering karena panas.

Dari situ dampaknya bisa menyebabkan jamur pada permukaan kaca. Selain karena cuci mobil, guyuran hujan juga bisa jadi penyebabnya. Mobil yang sehabis kehujanan dan dibiarkan mengering begitu saja bisa saja menyebabkan jamur kaca.

Bersihkan Tepat Setelah Terkena Air

Cara termudah untuk mencegah jamur pada kaca mobil adalah membersihkan kaca depan segera setelah hujan atau terkena air karena tetesan air jika dibiarkan kering dengan sendirinya berpotensi membentuk jamur kaca. Anda dapat menggunakan\ lap khusus seperti plas chamois untuk membersihkan kaca depan yang terkena hujan dan menggunakan microfiber setelahnya. Jangan lupa  memeriksa bagian wiper kaca mobil Anda, karena  mungkin saja adanya air yang masih menepel juga menjadi penyebab kaca depan yang tidak bersih. Dan jika karet wiper tidak dapat membersihkan kaca mobil dengan baik, sebaiknya segera ganti.

Cegah dengan Cairan Khusus

Ada berbagai produk yang dapat Anda gunakan di pasaran untuk menghindari jamur pada kaca depan. Salah satu produknya adalah Glass Scrub untuk membersihkan jamur pada kaca secara perlahan, kemudian menerapkan Rain Clear agar tetap bersih dan berfungsi sebagai pencegahan.

Tentu saja, bagian terpenting adalah kaca depan, meskipun kaca lain di mobil Anda juga dapat dibersihkan dan mencegah jamur. Sesekali bersihkan kaca mobil Anda dan lindungi dengan bahan kimia anti jamur, agar perjalanan Anda sehari-hari tidak terganggu oleh jamur tersebut. Menggunakan Rain Clear biasanya tahan 3 sampai 4 bulan noda anti air tergantung pada kondisi cuaca.

Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

Menggunakan alkohol kadar 50 - 90%

Pada umumnya alkohol digunakan untuk membersihkan luka. Namun ternyata, bahan ini juga bisa digunakan untuk membersihkan dan menghilangkan jamur kaca mobil. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membasahi kain lembut yang telah dibasahi dengan alkohol, lalu dioleskan langsung ke kaca mobil. Namun yang perlu diingat adalah saat menggosok kaca depan dengan cairan ini, gosoklah dengan tekanan yang lembut agar kaca tidak tergores.

Menggunakan Minuman Ringan Bersoda

Siapa sangka air soda yang biasa diminum ternyata mampu menghilangkan jamur kaca. Caranya bersihkan kaca depan terlebih dahulu menggunakan kain kering. Setelah itu, basahi kain lembut dengan air soda dan gosokkan ke kaca mobil Anda. Lakukan ini beberapa kali sampai jamur hilang. Saat membersihkan kaca depan dari jamur ini, sebaiknya jangan menggunakan air agar unsur kimia dalam soda tidak menyatu dengan air sehingga akan mengurangi manfaatnyaa. Sebaiknya pilih soda yang tidak mengandung gula agar tidak mengundang semut.

Menggunakan Pasta gigi

Siapa sangka, ternyata pasta gigi yang sering kita gunakan setiap hari mampu menghilangkan jamur kaca mobil. Caranya adalah dengan mengoleskan pasta gigi secukupnya, dan tunggu hingga kering. Setelah itu bilas menggunakan air bersih sambil digosok menggunakan kain lembut agar jamurnya hilang. Setelah itu, segera keringkan menggunakan koran yang bersih dan kering.

Menggunakan Pemutih pakaian

Cara menghilangkan jamur di kaca depan adalah dengan menggunakan pemutih pakaian. Caranya cukup mudah, hanya perlu mengoleskan cairan pemutih pada kaca mobil secara perlahan untuk membersihkannya. Selain itu, gunakan kain yang lembut agar tidak menimbulkan goresan pada kaca depan mobil.

Catatan Jika Anda Melakukan Pembersihan Sendiri

Jika Anda ingin melakukannya sendiri dan tidak di bengkel perawatan mobil khusus , maka Anda harus mewaspadai beberapa hal. Berhati-hatilah dengan metode, alat dan cairan yang akan digunakan. Alih-alih mendapatkan kaca yang bersih bisa saja Anda mendapati kaca mobil tergores.

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil Tanpa Harus Ke Bengkel"